01 February 2020, 07:30 WIB

Jurnalis Pematangsiantar Desak Kejari Tuntaskan Kasus Korupsi


Apul Iskandar | Nusantara

JURNALIS Pematangsiantar dari berbagai elemen media televisi, media daring, dan media cetak berunjuk rasa di kantor Kejaksaan Negeri Pematangsiantar, Jl Sutomo Pematangsiantar, Jumat (31/1), mendesak Kejaksaan Negeri Pematangsiantar agar serius dalam penanganan berbagai kasus korupsi yang sedang ditangani. Sebab, sejumlah kasus yang sedang ditangani Kejaksaan Negeri Pematangsiantar terkesan jalan di tempat.

Koordinator aksi unjuk rasa Aliansi Jurnalis Pematangsiantar Elisbet Purba mengatakan kasus korupsi adalah suatu kejahatan luar biasa sehingga butuh penanganan yang serius.

Melihat kasus korupsi yang merupakan kejahatan luar biasa, seluruh pihak tentunya mengharapkan agar aparat penegak hukum komit menanganinya.

Dalam pernyataan sikapnya, Aliansi Jurnalis Pematangsiantar menyebutkan ada sejumlah kasus yang beberapa tersangkanya telah ditetapkan namun belum ditahan dengan berbagai alasan.

Baca juga: Polisi Dalami Laporan Pemasang Banner King of the King Nganjuk

Disebutkan Posma Sitorus dan Acai Tagor Sijabat yang telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi dalam program Smart City di Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Pemerintah Kotamadya Pematangsiantar belum ditahan.

Begitu juga dengan, Herowin Sinaga yang merupakan mantan Direktur Utama Perusahaan Daerah dan Aneka Usaha (PD PAUS) yang telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi penyertaan modal.

Padahal dalam kedua kasus ini, jaksa telah menetapkan sebagai tersangka hampir enam bulan dan belum ada peningkatan kasus serta belum dieksekusi.

"Untuk itu, kami, Aliansi Jurnalis Pematangsiantar, sebagai fungsi kontrol dalam penegakan hukum meminta dan mendesak Kepala Kejaksaaan Negeri Pematangsiantar Herrus Batubara yang baru beberapa hari menjabat untuk serius menangani kasus-kasus korupsi yang ada di Kota Pematangsiantar serta menunjukkan komitmen dalam penanganan korupsi baik yang sudah atau yang sedang ditangani," kata Fredy Siahaan yang membacakan tuntutan Aliansi Jurnalis Pematangsiantar

Sebagai bukti keseriusan mereka, Aliansi Jurnalis Pematangsiantar mendesak dan meminta Kajari Pematangsiantar agar kasus korupsi yang ditangani segera dituntaskan dengan melakukan penahanan tersangka.

Pelaksana Harian  Kepala Kejaksaan Togap Silalahi yang menerima para jurnalis mengatakan akan menyampaikan aspirasi yang disampaikan para insan pers kepada Kepala Kejaksaan Negeri Pematangsiantar Herrus Batubara.

"Saya sebagai Pelaksana Harian akan menyampaikan aspirasi rekan-rekan jurnalis, dan segera memproses kasus yang ada, komit akan meneruskan proses  penanganan korupsi yang sedang ditangani," sebutnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT