31 January 2020, 21:37 WIB

Rusia Laporkan Infeksi Virus Korona di Wilayahnya


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PEMERINTAH Rusia mengonfirmasi adanya infeksi virus korona baru (2019-nCOV) perdana di wilayahnya yang menjangkiti dua warga negara Tiongkok yang berada di Rusia.

Konfirmasi infeksi virus korona itu hanya berselang sehari setelah Moskow menutup perbatasan Timur Jauh dengan Tiongkok.

Wakil Perdana Menteri Tatiana Golikova mengatakan, kedua pasien terinfeksi viru korona itu berada di daerah Zabaikalsky dan Tyumen yang terpisah jarak hingga 4.000 kilometer.

Keduanya kini telah dikarantina dan dipantau ketat oleh otoritas kesehatan Rusia. Kepala Pengawas Negara (Rospotrebnadzor), Anna memastikan, tidak ada risiko langsung penyebaran virus korona lebih lanjut di Rusia.

Baca juga : Inggris Konfirmasi Kasus Infeksi Virus Korona Perdana

Di sisi lain, Rusia juga memulai upaya evakuasi 300 warganya dari kota Wuhan, Tiongkok yang jadi pusat penyebaran virus korona. 341 warga rusia lainnya di daerah sekitar Wuham juga dipertimbangkan untuk dievakuasi.

Langkah preventif juga dilakukan Rusia dengan memulangkan 2.600 warganya yang sedang berlibur di Pulau Hainan.

Untuk mencegah penyebaran virus, Moskow telah menangguhkan sebagian besar penerbangan ke dan dari Tiongkok. Pengecualiannya adalah rute Aeroflot ke Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Hong Kong, serta maskapai Tiongkok yang tiba di bandara Sheremetyevo, Moskow.

Dalam langkah lebih lanjut, warga negara Rusia akan dilarang melintasi perbatasan dengan Mongolia. (Russia Today/OL-7)

BERITA TERKAIT