31 January 2020, 21:06 WIB

Mahasiswa Indonesia di Wuhan Akui Diminta Bersiap Evakuasi


Indriyani Astuti | Internasional

UPAYA pemerintah untuk mengevakuasi mahasiswa Indonesia di Provinsi Hubei, Tiongkok terus dimatangkan. Mahasiswa Indonesia di Wuhan pun mengaku sudah diminta bersiap untuk proses evakuasi

Hilya Milla, mahasiswi di Chongqing University, mengaku sudah mendapatkan instruksi untuk beriap-siap dievakuasi dari kota pusat merebaknya virus korona baru yang diberi nama 2019-nCOV itu.

"Instruksikan hanya demikian mbak, siap-siap bila sewaktu-waktu dievakuasi," tuturnya ketika dihubungi Media Indonesia.

Milla mengatakan belum ada pemberitahuan terkait waktu evakuasi dan kendaraan yang akan mereka gunakan untuk keluar dari Wuhan. Terkait bantuan,

Baca juga ; Tanggapi Deklarasi WHO, Pemerintah Tingkatkan Kesiagaan

Milla mengungkapkan. pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing telah memberikan bantuan dana. Dana tersebut, kata Milla, untuk membeli logistik selagi menunggu evakuasi. Ia bersama WNI lainnya masih bisa mengatasi kebutuhan.

"Logistik cukup untuk tujuh hari," ungkapnya.

Menurutnya, kondisi mahasiswa di Wuhan dalam kondisi baik dan sehat. Mereka sepenuhnya siap apabila evakuasi benar-benar dilakukan. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri dan KBRI terus menjalin komunikasi dan memantau kondisi WNI di sana.

"Semua dalam kondisi sehat dan siap dievakuasi," ucapnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT