31 January 2020, 18:14 WIB

Kemenlu Berikan Layani Konseling WNI di Hubei


Rifaldi Putra Irianto | Humaniora

KEMENTERIAN Luar Negeri (Kemlu), terus memantau perkembangan kesehatan Warga Negara Indonesia (WNI) yang terisolasi di Wuhan, Tiongkok akibat wabah 2019-nCoV atau wabah korona. Tak hanya kondisi fisik, kondisi psikologis juga terus dipantau oleh pihak Kemlu.

"Kemlu telah menyediakan psikolog untuk memberikan layanan konseling kepada para WNI di Provinsi Hubei. Layanan diberikan melalui komunikasi telepon dan sudah dimanfaatkan para WNI," kata Kementerian Luar Negeri, dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat, (31/1).

Disebutnya, kondisi psikologis merupakan hal yang tak kalah penting untuk menghindari diri dari virus korona.

"Menjaga kondisi psikologis merupakan salah satu kunci utama untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak terjangkit virus korona, Layanan ini merupakan langkah pencegahan untuk melengkapi proses evakuasi yang akan segera dilakukan," tuturnya.

Dikatakannya, Kemlu juga akan memberikan bantuan kepada Tiongkok berupa bantuan alat medis untuk menghadapi wabah virus mematikan tersebut.

"Sebagai wujud solidaritas kepada Pemerintah Tiongkok, Pemerintah RI akan mengulurkan bantuan berupa alat-alat kesehatan yang akan dibawa dalam pesawat yang akan menjemput WNI," ucapnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT