31 January 2020, 17:50 WIB

Jokowi: Pemerintah Bergerak Cepat Evakuasi WNI dari Hubei


 Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PEMERINTAH akhirnya akan membawa pulang 243 warga negara Indonesia (WNI) dari Hubei, sebuah provinsi di Tiongkok yang menjadi sumber penyebaran virus korona.

Rencananya, pesawat penjemput bersama tim pengevakuasi akan berangkat dalam waktu kurang dari 24 jam. Pesawat yang digunakan adalah pesawat berbadan lebar agar semua WNI yang bersedia dievakuasi dapat diterbangkan secara langsung tanpa melalui transit.

Saat ini, tim pendahulu yang berada di Hubei juga telah melakukan persiapan di sejumlah titik, terutama di Wuhan, demi memuluskan proses evakuasi.

"Saya kira keputusan kita untuk mengevakuasi sudah betul karena WHO juga sudah mengumumkan situasi darurat global yang terkait dengan virus korona," ujar Presiden Joko Widodo melalui keterangan resmi, Jumat (31/1).

Baca juga: Menlu: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Memasuki Tahap Akhir

Jokowi mengakui proses evakuasi bukanlah hal mudah. Pasalnya, Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang ingin memulangkan warga negaranya dari Tiongkok.

Komunikasi yang intens terus dilakukan dengan pemerintah setempat dalam kurun sepekan terakhir.

"Yang ingin evakuasi bukan hanya Indonesia saja. Tetapi sekarang antrean kita sudah di depan," kata Jokowi.

Adapun, terkait penerimaan di Tanah Air, presiden mengatakan hal tersebut akan juga dilakukan sesuai dengan prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku. (A-2)

BERITA TERKAIT