31 January 2020, 16:44 WIB

Virus Korona Mewabah, Kejuaraan Panahan Dunia Tetap Lanjut


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

KEJUARAAN Panahan Dunia di Tiongkok yang masuk dalam babak kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, rencananya tetap digelar.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Asosiasi Panahan Dunia, Tom Dielen, saat menanggapi penyebaran virus korona di Tiongkok. Mengingat, gelaran terbesar panahan itu akan digelar di Shanghai, Tiongkok.

Saat ini, virus korona masih menjadi perhatian dunia, terutama negara di kawasan Asia. Kondisi tersebut bahkan membuat sejumlah ajang kualifikasi di Tiongkok, bagian Olimpiade Tokyo 2020, harus dibatalkan. Namun, Asosiasi Panahan Dunia belum membatalkan Kejuaraan Panahan Dunia 2020. Padahal, virus korona sudah menelan korban ratusan jiwa.

Baca juga: Indonesia Bersiap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Lebih lanjut, Dielen menekankan pihaknya mempercayai informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dielen menyebut Asosiasi Panahan Dunia tidak memiliki alasan untuk menunda kejuaraan tersebut.

"Asosiasi Panahan Dunia, Asosiasi Panahan Tiongkok dan penyelenggara Piala Dunia Panahan 2020 Seri Shanghai memantau perkembangan virus korona di Tiongkok," ujar Dielen.

"Berdasarkan informasi dari WHO, kami meyakini situasi tersebut akan selesai sebelum kompetisi berlangsung di Shanghai pada Mei mendatang. Saat ini, kami tidak memiliki alasan untuk menunda atau membatalkan turnamen itu," imbuhnya.

Kejuaraan Dunia Panahan 2020 akan berlangsung di Guatemala pada April mendatang. Seri selanjutnya berlangsung di Shanghai pada Mei, sebelum ditutup di Berlin sekaligus kualifikasi final Olimpiade 2020.(Worldarchery/OL-11)

BERITA TERKAIT