31 January 2020, 14:50 WIB

DPRD Segera Panggil Arsitek Proyek Revitalisasi Monas


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akan memanggil arsitek pemenang sayembara desain revitalisasi Monumen Nasional (Monas). Ketua Komisi D DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan, Ida Mahmudah, mengatakan pihaknya ingin mengetahui rancangan awal dari sang arsitek.

"Rencananya Komisi D mengundang (arsitek) pemenang lomba. Kita mau tahu konsepnya. Kalau memang di dalam lomba (rancangan awal dengan pelaksanaan revitalisasi) ada kesalahan, nah itu dicek," tutur Ida saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (31/1).

Pemanggilan arsitekt pemenang lomba sayembara akan dilakukan setelah keluarnya surat izin dari Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg), sebagai ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

Baca juga: Ketua DPRD: Revitalisasi Monas adalah Kebohongan Publik

"Saya yakin Mensesneg akan cek secara detail (konsep proyek revitalisasi Monas). Kami akan cari tahu hasil lomba dengan konsep mereka (Pemprov DKI), karena masih simpang siur. Kami juga sedang mengumpulkan data-data," ungkap Ida.

Sebelumnya, arsitek pemenang sayembara revitalisasi Monas, Deddy Wahjudi, menyatakan ketidaksesuaian antara rancangan awal dan pelaksanaan revitalisasi. Dia mengklaim tidak ada rencana penebangan ratusan pohon, meski dibangun pelataran upacara di bagian selatan Monas.

"Saya enggak terlalu detail tahu, karena memang kami enggak ikut di akhir tahun lalu. Soal pohon, kalau kami di dalam pengambilan keputusan bisa menyarankan agar pohonnya dipertahankan," pungkas Deddy(OL-11)

 

BERITA TERKAIT