31 January 2020, 11:55 WIB

Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan Kalteng, Nelayan Waspada


Surya Sriyanti | Nusantara

BADAN Meteorologi dan Klimitologi Giofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalteng meminta nelayan yang melaut di pesisir selatan Kalteng, untuk waspada gelombang tinggi yang terjadi hari ini, Jumat (31/1) yang mencapai 2,5 meter. Hal ini dikatakan prakirawan BMKG Palangka Raya, Ika Priti ketika dihubungi, Jumat (31/1) di Palangka Raya. Menurut Ika, tinggi gelombang yang terjadi hari ini diperkirakan antara 1-2,5  meter dan disertai angin kencang.

"Jadi kami minta nelayan untuk berhati-hati saat melaut karena tinggi gelombang disertai angin kencang," ujar Ika.

Selain itu sejumlah wilayah di Kalteng kata Ika, perlu juga mewaspadai hujan lebat dan sedang yang disertai petir dan angin kencang.

"Untuk hari ini, perkiraan BMKG Palangka Raya hujan lebat akan terjadi di Kabupaten Sukamara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Katingan, Pulang Pisau, Kapuas dan Murung Raya," tambahnya.

Kemudian untuk besok dan lusa, kabupaten yang diperkirakan terjadi hujan sedang dan lebat adalah Kabupaten Sukamara, Kotawaringin Barat , Lamandau, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Pulang Pisau, Kapuas dan sekitarnya.

"Dua hari ke depannya hujan hampir merata di Kalteng yang disertai angin kencang dan petir," terang Ika.

baca juga: Festival Perang Air Cian Cui di Riau Diminati Wisatawan Asing

Potensi petir bisa terjadi hampir di seluruh wilayah Kalteng.  

"Untuk kecepatan angin saat ini masih normal yakni rata-rata 10 km per jam. Namun jika hujan lebat bisa mencapai 20-25 km per jam perlu diwaspadai juga," ujar dia. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT