31 January 2020, 11:15 WIB

Anggota DPR Swedia Nominasikan Thunberg untuk Nobel Perdamaian


Basuki Eka Purnama | Internasional

AKTIVIS lingkungan remaja Greta Thunberg dan gerakan protes global Fridays for Future, Kamis (30/1), dinominasikan untuk meraih Hadiah Nobel Perdamaian 2020 oleh dua anggota DPR Swedia

"Greta Thunberg adalah seorang aktivis lingkungan. Alasan utama agar dia meraih Nobel Perdamaian adalah, selain usianya yang masih muda, dia telah bekerja keras agar politisi membuka mata mereka akan perubahan iklim," ujar anggota DPR Swedia Jens Holm dan Hakan Svenneling dalam pernyataan bersama untuk Komite Nobel Norwegia.

"Krisis iklim akan menghasilkan konflik baru dan pada ujungnya perang. Karenanya, aksi mengurangi emisi dan mematuhi Kesepakatan Paris adalah aksi menciptakan perdamaian," imbuh mereka.

Baca juga: Thunberg Patenkan Nama Sendiri dan Frasa Fridays For Future

Kedua anggota DPR Swedia itu menambahkan tanpa gerakan Fridays for Future dan Greta Thunberg, isu perubahan iklim tidak akan pernah dibahas seluas sekarang.

Thunberg telah dijagokan meraih Nobel Perdamaian 2019 sebelum penghargaan itu akhirnya diberikan kepada Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed atas upayanya mengakhiri konflik antara Ethiopia dan Eritrea.

Dalam tempo kurang dari satu tahun, Thunberg telah sukses menjadi suara generasi muda melawan perubahan iklim. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT