31 January 2020, 10:45 WIB

Riri Riza Ingin Filmkan Novel Harimau! Harimau!


Dhaifurrakhman Abas | Hiburan

SUTRADARA Riri Riza kepincut dengan novel Harimau! Harimau! karya Mochtar Lubis. Dia berangan-angan mengadaptasi novel tersebut menjadi film.

"Kalau saya panjang umur dan saya beruntung, saya mungkin akan bisa membuat novel itu jadi film," katanya saat berbincang dalam acara HUT Media Indonesia ke-50, di kantor Media Group, Jakarta Barat.

Riri mengatakan, novel terbitan 1975 itu bercerita mengenai delapan orang yang memasuki hutan lebat Sumatra Barat untuk mencari kayu. Nahas, satu persatu dari mereka dikejar harimau di dalam hutan.

"Karena satu orang punya persoalan dengan harimau. Karena itu mereka dikejar oleh harimau," terangnya.

Riri sangat tertarik dengan novel tersebut karena mengangkat sosok harimau menjadi tokoh sentral di dalam cerita.

Baca juga: Yura Yunita Curhat lewat Lagu

Selain menarik, menjadikan hewan sebagai tokoh di film nyata merupakan salah satu tantangan terbesar buat sebagian besar sineas.

"Jadi harimaunya jadi tokoh. Bukan hanya binatang saja, tapi tokoh yang hidup dalam film. Dan kalau bisa jadi film, saya pikir ini akan menjadi salah satu imajinasi saya paling tinggi yang bisa terwujud," ungkapnya.

Namun, Riri mengakui ada benturan lain yang menyebabkannya kesulitan mengadaptasi novel tersebut menjadi karya film. Hak adaptasi untuk novel Harimau! Harimau! kini telah dimiliki studio film lain.

"Selama 10 tahun terakhir saya mengikuti novel itu ada di mana. Pertama menurut cucunya, dibeli seorang produser kebangsaan Amerika yang tinggal di Indonesia. Lalu dia jual lagi dan sudah pindah lagi. Novel itu kayak komoditi sekarang. Bisa dibeli dengan harga yang makin tinggi. Terakhir kabarnya dipegang salah satu studio film terbesar di Indonesia yang membuat film Bumi Manusia," paparnya.

Meski begitu, kata Riri, bukan tidak mungkin dirinya bisa mengadaptasi Harimau! Harimau! menjadi sebuah film. Salah satunya dengan membeli hak properti novel tersebut.

"Tapi kalau saya harus membelinya dari produser ini, saya enggak tahu apakah mampu. Atau mungkin kami akan menjalin kerja sama dengan perusahaan itu untuk membuat film ini," tandasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT