31 January 2020, 09:11 WIB

Tukang Bangunan Dilatih Bangun Rumah Teknologi Risha


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

TUKANG bangunan di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh dilatih teknologi pembangunan rumah Risha (Rumah Instan Sederhana Sehat). Hal itu dalam rangka mengembangkan teknologi pembangunan rumah yang bisa dikerjakan secara cepat, praktis dan harga terjangkau.

Rumah Risha dimulai pada 2004, diproduksi dan dikembangkan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tujuannya rumah murah ini supaya terjangkau harga oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Bangunan ini juga tahan gempa dengan kekuatn 8 Skala Richter dan 8 Modified Mercalli Intensity (MMI).

Kasi Bina Kontruksi Dinas PUPR Pidie, Yusbindar kepada Media Indonesia, Kamis (30/1) mengatakan, untuk tahap pertama pihaknya merekrut 27 tukang bangunan dari berbagai kecamatan setempat. Pelatihan ini merupakan kerja sama antara Dinas PUPR Pidie dan Balai Material Peralatan Kontruksi Direktorat Bina Kontruksi Kementerian PUPR.

"Peserta diajari oleh dua intruktur dan diampingi dua asisten rumah Risha. Peserta didampingi langsung mulai tanggal 24 hingga 30 Januari" kata Yusbindar, Jumat (31/1).

baca juga: Bisnis Pelumas Masih Potensial Hingga 20 Tahun ke Depan

Dikatakan Yusbindar, mereka diajari membuat panel, memasang panel dan cara membongkar kembali. Karena rumah ini selain bisa bongkar pasang jugadapat diperluas lagi sesuai kemampuan biaya si pemiliknya.

"Semoga nantinya mereka mampu mengerjakan bahan panen sendiri dan berhasil membangun modul rumah dengan sempurna. Paling penting dapat membantu keinginan warga untuk memiliki rumah layak huni serta menciptakan lapangan kerja baru" tambah Yusbindar. (OL-3)

BERITA TERKAIT