30 January 2020, 18:59 WIB

Singkirkan Federer, Djokovic Selangkah lagi Berjaya di Melbourne


Akmal Fauzi | Olahraga

PETENIS Serbia, Novak Djokovic mengamankan tiket ke partai final Australia Terbuka 2020. Tiket diraih setelah Djokovic menyingkirkan Roger Federer tiga set langsung pada babak semifinal.

Bertanding di Melbourne Park, Kamis (30/1), Petenis peringkat dua dunia itu mengalahkan Federer dengan skor 7-6, 6-4, dan 6-3.

Kemenangan itu membuka peluang Djokovic untuk memuncaki peringkat ATP setelah petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal disingkirkan Dominic Thiem di perempatfinal.

Pada set pertama, Federer sempat memberikan perlawanan kepada Djokovic. Namun, mantan petenis nomor satu dunia asal Swiss itu harus mengakui keunggulan Djokovic dengan skor 7-6.

Federer sempat keluar arena untuk mendapat perawatan medis akibat cedera paha yang dideritanya di akhir set pertama.

Baca juga : Ke Final, Muguruza Buka Peluang Raih Gelar Grand Slam Ketiga

Kemenangan set pertama menambah rasa percaya diri Djokovic. Akhirnya, The Djoker bisa merebut kemenangan di set kedua dengan skor 6-4.

Pada set ketiga, Federer berusaha untuk memberikan perlawanan. Namun, Federer harus mengakui keunggulan Djokovic dengan skor 6-3.

“Dia memulai pertandingan dengan baik, dan saya gugup. Saya menghormati Federer yang harus keluar malam ini. Dia jelas-jelas terluka,” kata Djokovic.

Kemenangan Djokovic ini menjadikannya menapaki final grand slam ke-26 sepanjang karirnya. Dia akan merebut peringkat satu dunia jika keluar sebagai juara di turnamen Grand Slam lapangan keras itu. Djokovic melepas peringkat satu dunia ke Rafael Nadal pada 4 November 2019 lalu.

Pada partai final, Djokovic akan menanti pemenang antara Dominic Thiem yang akan berhadapan dengan Alexander Zverev yang digelar Jum’at (31/1). (BBC/OL-7)

BERITA TERKAIT