30 January 2020, 17:26 WIB

TNI Kirim Pasukan ke Australia Atasi Kebakaran Hutan


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

TNI akan mengirim satu satuan setingkat peleton (SSP) dalam misi bantuan mengatasi kebakaran hutan di Australia. Keputusan yang telah direstui DPR tersebut selain dapat memperkuat hubungan antarkedua negara juga sebagai bagian dari misi kemanusiaan.

"Pasti. Hubungan saling membantu terutama di kala sulit pasti akan sangat membantu hubungan antara Indonesia dengan Australia. Tapi kita tidak hanya melakukan ini semata untuk hubungan baik dengan Australia saja, tapi yang paling utama kewajiban kemanusiaan kita," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid usai memimpin Rapat Dengar Pendapat dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di ruang Komisi III DPR, Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (30/1).

Menurut Meutya, TNI memiliki tugas menjaga ketertiban dunia dalam hal lain membantu negara sahabat yang tengah tertimpa musibah. DPR telah merestui keinginan pemerintah melalui TNI memberikan bantuan berupa satu SSP untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia.

Meskipun demikian, ia meminta tugas ini perlu mengutamakan keselamatan personel yang diberangkatkan. Pasalnya kebakaran yang terjadi di Australia cukup luas dan memiliki konsekwensi besar terhadap jiwa para prajurit.

"Keinginan kita tentu agar mereka yang bertugas di Australia dapat kembali dengan selamat dan membawa nama baik bangsa," pungkasnya. (Cah/OL-09).

BERITA TERKAIT