30 January 2020, 17:00 WIB

Lusa, TNI Kirimkan Bantuan untuk Australia


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku sudah mendapat restu dari DPR melalui Komisi I untuk mengirim bantuan untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia. Pemberangkatan akan dilakukan dari Halim Perdanakusuma ke Kupang, NTT dan dilanjutkan ke Rosemount, Australia, pada Sabtu, 1 Februari.

"Jadi tadi rapat dengar pendapat dengan Komisi I terkait dengan rencana pengiriman 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) yang terdiri dari batalion semi konstruksi TNI AD, batalion Marinir, dan dinas konstruksi dari AU yang rencananya akan kita berangkatkan besok tanggal 1 dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU melalui Kupang," katanya usai memenuhi Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR, di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (30/1).

Baca juga: Jokowi: Shio Saya Kerbau, Katanya Mesti Kerja Lebih Keras

Rute perjalanan personel TNI dari Kupang menuju Rosemount menggunakan pesawat udara, kemudian menyusuri jalan darat sejauh 490KM untuk sampai ke distrik Eden, tempat prajurit TNI akan membantu penanganan kebakaran hutan.

"Tugas kami membantu pemerintah Australia dalam rangka memadamkan kebakaran yang ada di sana. Namun, kita diberikan wilayah yang sudah ditentukan berdasarkan hasil assessment dari TNI dan BNPB yang rencananya juga akan hadir di wilayah Distrik Eden," paparnya.

Keputusan ini, lanjut dia, atas sepengetahuan dan persetujuan pemerintah dan DPR. "Komisi I menyetujui dan tanggal 1 akan saya berangkatkan dari Halim segera kupang menuju Australia," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT