30 January 2020, 16:32 WIB

Sempat Menolak, Gerindra Dukung Uji Kepatutan Cawagub DKI


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

FRAKSI Partai Gerindra mendukung uji kepatutan (fit and proper test) Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta. Padahal sebelumnya, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Gerindra, Mohamad Taufik, berpendapat tidak perlu fit and proper test karena calon yang diusulkan, yakni Ahmad Riza Patria, merupakan calon terbaik.

"Ya silahkan saja mau pakai fit and proper test, mau menyampaikan visi misi itu kan sama saja," kata Taufik di Balai Kota, Jakarta, Kamis (30/1).

Taufik pun menanggapi pernyataan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman, yang mengkritik Taufik terkait penolakan terhadap fit and proper test. Adapun dua nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang diusulkan PKS-Gerindra ialah politikus PKS, Nurmansjah Lubis, dan Ketua DPP Gerindra, Ahmad Riza Patria.

Baca juga: PKS-Gerindra Sepakati Dua Nama Cawagub DKI

"Makanya informasinya mesti jelas. Fit and proper test bentuknya itu seperti apa, dengan siapa. Kalau dengan (anggota) dewan kan ada panlih (panitia pemilihan). Nanti mereka yang menetapkan (Cawagub), lalu ada penyampaian visi misi (dari dua Cawagub)," jelas Taufik.

Taufik mengungkapkan rapat pimpinan gabungan akan dilaksanakan pada 4 Februari mendatang. Diketahui, draf tata tertib sudah dibahas pada periode DPRD DKI sebelumnya, namun belum disepakati. Pengesahan tata tertib pemilihan wagub akan dilakukan dalam rapat paripurna pada 6 Februari mendatang, sekaligus membentuk panitia pemilihan (panlih).(OL-11)

 

BERITA TERKAIT