30 January 2020, 13:33 WIB

PLTU Cirebon Unit II Ditargetkan Beroperasi 2022


Nurul Hidayah | Nusantara

PLTU Cirebon unit II ditargetkan beroperasi Februari 2022 mendatang. Pembangunan saat ini terus berjalan di lokasi yang berdekatan dengan PLTU Cirebon unit I. Wakil Direktur Utama Cirebon Power, Joseph Pangalila menjelaskan jika untuk konstruksi pembangunan PLTU Cirebon unit II telah mencapai 59,36 persen yang meliputi pembangunan pondasi, tiang pancang, jetty, cerobong, boiler dan lainnya.

"Namun jika ditotal seluruh proses pembangunannya sudah mencapai 71 persen," kata Joseph, Kamis (30/1).

Termasuk dengan unit-unit pendukung lainnya.

Dijelaskan Joseph, pembangunan PLTU Cirebon unit II yang menelan anggaran sebesar US$2,2 miliar tersebut ditargetkan selesai Februari 2022. Ini berarti, PLTU yang telah dibangun sejak 2018 lalu sudah bisa menyumbangkan listrik untuk jaringan 35 ribu MW yang menjadi program pemerintah sejak lama.

PLTU Cirebon unit II nantinya akan tetap menggunakan pasokan batu bara namun dengan kalori rendah, yaitu 4.000 hingga 4.600 Kkal perkg.

"Teknologinya kita menggunakan lebih canggih lagi," ungkap Joseph.

Jika pada PLTU Cirebon unit Idigunakan teknologi super critical maka pada PLTU Cirebon unit II digunakan teknologi ultra super critical. Pembakaran batu bara dengan menggunakan teknologi ultra super critical akan menggunakan temperatur yang lebih tinggi sehingga habis terbakar.

"Sehingga bisa mengurangi tingkat emisi," ungkap Joseph.

Sambil membangun, Cirebon Power menurut Joseph juga telah merekrut 1.600 warga lokal atau warga di sekitar PLTU sebagai tenaga kerja mereka.

"Kebutuhan tenaga kerja kami banyak, mencapai sekitar 5 ribu," ungkap Joseph.

baca juga: Dua Pasien Suspect Korona Dirawat di Batam

Seperti diberitakan sebelumnya, Cirebon Power telah membangun dan mengoperasikan PLTU Cirebon unit I dengan kapasitas 660 MW pada 2012 lalu. Pembangunan PLTU Cirebon unit II kemudian dilanjutkan di lahan yang berdekatan dengan unit I dengan kapasitas 1.000 MW. Pembangunan PLTU Cirebon unit II sempat terhenti karena adanya gugatan di PTUN terkait dengan izin lingkungan. Setelah dimenangkan oleh Cirebon Power, pembangunan PLTU Cirebon unit II akhirnya dilanjutkan. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT