30 January 2020, 13:19 WIB

Tepis Kritik Erick Thohir, M Taufik Sebut Rumah DP Rp0 Itu Perlu


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Mohamad Taufik angkat bicara soal kritikan Menteri BUMN Erick Thohir terkait program pembelian rumah tanpa uang muka atau down payment (DP) Rp0 yang dianggap tidak mendidik generasi muda. Taufik menepis kritikan Erick tersebut.

"Sekarang swasta banyak yang pakai DP 0%. Pak Erick, saya kira DP Rp0 di Jakarta itu perlu. Ini bukan soal didik-mendidik tapi soal kebutuhan," terang Taufik saat ditemui di Gedung Balai Kota, Jakarta, Kamis (30/1).

Menurut Taufik, warga Jakarta masih sangat membutuhkan kebutuhan papan terlebih katanya, sekitar 60% warga Ibu kota mengontrak rumah.

Baca juga: Prostitusi Anak di Apartemen Kalibata Terbongkar

Dengan demikian program DP Rp0 bisa membantu warga Jakarta. Diketahui, dari 780 unit baru 85% yang terisi.

"Kan bertahap. DP 0% tuh minta syarat banknya mesti dikurangi. Misalnya Anda kredit motor. Kan (di dalam aturan bank) enggak boleh ada kredit dan. Nah itu saya bilang kurangi syaratnya," kata Taufik.

Sebelumnya, Erick menyatakan tidak setuju dengan program DP 0% atau zero percent down payment karena ini tidak mendidik generasi muda untuk menabung.

Selain itu, Erick menyebut generasi milenial mengalami kesulitan memenuhi kredit pemilikan rumah (KPR), pihaknya tetap mengenakan DP dan bunga. Pasalnya, hal itu untuk mendidik generasi muda untuk mulai menabung.

"Kalau anak muda dibiasakan dididik menabung sedari awal dengan bunga KPR 5% atau berapa persen, generasi muda itu akan punya rasa tanggung jawab," ujar Erick di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa (28/1). (OL-1)

BERITA TERKAIT