30 January 2020, 10:47 WIB

Menag: Bila Terjadi Gesekan, Kakanwil Harus Cepat Cari Solusi


Ihfa Firdausya | Humaniora

MENTERI Agama Fachrul Razi meminta jajarannya untuk responsif untuk menghadapi isu kerukunan.

"Bila ada dengar di suatu wilayah ada gesekan sedikit saja, tolong teman-teman Kakanwil segera turun," ujar Menag saat berpidato dalam Rakernas Kementerian Agam, Rabu (29/1).

Menag juga meminta para pejabat terutama Kakanwil Kementerian Agama Provinsi dapat mencari solusi tercepat, untuk mencegah perpecahan yang mungkin terjadi akibat adanya gesekan.

"Segera turun tangan mencoba cari solusi bagaimana pemecahannya, kerjasama dengan pimpinan-pimpinan daerah," tegasnya.

Rakernas Kementerian Agama mengusung tema Moderasi Beragama, Umat Rukun, Indonesia Maju. Dalam pembukaan kemarin, turut hadir, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Haryono, Dewan Pengawas BPIP Tri Sutrisno, Wisnu Bawa Tenaya, Sudhamek, KH Syafii Maarif, dan KH Said Aqil Siradj, serta Pimpinan Majelis-majelis Agama.

Dalam Rakernas tersebut membahas lima program prioritas Kemenag tahun 2019-2020. Di antaranya pemberantasan korupsi, peningkatan kualitas haji dan pembenahan umrah, pembenahan pendidikan keagamaan, penguatan moderasi, dan sertifikasi halal.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa lima program prioritas sesuai dengan arahan Menteri Agama Fachrul Razi pada saat awal tiba di Kementerian Agama pada 2019 lalu.

"Ini yang selanjutnya menjadi panduan kita untuk melakukan serangkaian program-program ini," kata Nur Kholis pada pembukaan Rakernas, kemarin (29/1), seperti dikutip dari keterangan resmi.

baca juga: Pemerintah Putuskan Hubungan dengan WWF Indonesia

Menurutnya, kegiatan Rakernas juga menjadi momentum penyampaian program kepada seluruh pimpinan Kemenag di daerah. Selain itu, lanjutnya, ini merupakan kesempatan untuk memberikan apresiasi kepada pimpinan-pimpinan yang inspiratif di lingkungan Kementerian Agama.

"Hari ini akan kita berikan sejumlah penghargaan kepada pimpinan satuan kerja yang berprestasi. Semoga ini dapat menjadi uswah, teladan bagi yang lain," katanya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT