30 January 2020, 09:49 WIB

Penggembalaan Ternak di Maribaya Jadi Destinasi Baru


Supardji Rasban | Nusantara

BUPATI Brebes Jawa Tengah Idza Priyanti menjajal jalur off road menuju ladang penggembalaan ternak di Dukuh Maribaya Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu. Menggunakan mobil Jeep ditemani suami Warsidin keduanya nampak menikmati perjalanan yang menantang melewati sungai dan hutan belantara.

Hal tersebut merupakan pengenalan potensi wisata alam di Kabupaten Brebes yaitu Eduwisata Kandang Pelangi berbarengan dengan bakti sosial penanaman seribu bibit pohon ohon dalam rangkaian memeringati Hari Jadi ke-342 Kabupaten Brebes.
     
"Tadi kita ikuti off-road dari pagi sampai siang, sekaligus penanam bibit pohon di lahan kritis, di mana pengunungan Maribaya ini kesulitan sumber air, apalagi saat musim kemarau," ucap Idza saat penanaman seribu bibit pohon di area ladang penggembalaan Maribaya, Rabu (29/1).

Idza bertutur ada 105 ekor sapi jenis Jabres yang sedang dikembangkan, merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Sapi tersebut menjadi ternak unggulan.

"Kita akan kembangkan lagi potensi tersebut, selain wisatawan bisa melihat kandang pelangi, juga kita tanami bibit pohon serta buah-buahan agar menarik lagi," tuturnya.
     
Idza menyebut luas lahan mencapai 350 hektare (Ha), 100 Ha digunakan untuk pengembangan sapi Jabres, dan 250 Ha akan digunakan untuk memaksimalkan pertanian terpadu yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar.

"Sebelum sampai ke sini, kita sempat meninjau penemuan situs purbakala di Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong. Ada Candi Gagang Golok dan sumber mata air zaman purba," ucapnya.
     
Menurut bupati situs tersebut berusia 1,8 juta tahun. Situs Kampung Purba Tonjong, usianya lebih tua ketimbang Situs Sangiran yang usianya 1,5 juta tahun. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes berencana membangun museum purbakala, melalui dana APBD 2020 dengan rencana anggaran Rp1 miliar.

baca juga: DAK Rp56 Miliar Tidak Cukup Untuk Rehab Sekolah di Tasikmalaya
     
"Dengan adanya situs dan eduwisata ini, kita mendukung dan berencana menjadikan rally wisata alam di Kabupaten Brebes yang menarik melalui offroad," pungkasnya.

Ikut memeriahkaan acara Wakil Bupati Brebes Narjo, Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta komunitas Jeep dari berbagai kabupaten/kota tetangga. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT