30 January 2020, 08:15 WIB

Bayi Kembar Panda Siap Tampil di Depan Publik Jerman


Basuki Eka Purnama | Internasional

DUA bayi panda yang lahir di Kebun Binatang Berlin pada tahun lalu sukses menarik perhatian media massa lokal pada Rabu (29/1), sehari sebelum diperkenalkan kepada publik.

Meng Xiang dan Meng Yuan, sepasang bayi panda jantan berusia lima bulan terlihat sedang memanjat berbagai batu yang ada di kandang mereka. Kedua bayi yang nama mereka berarti 'mimpi yang dinanti lama' serta 'perwujudan mimpi' itu beraksi disaksikan oleh induk mereka Meng Meng.

Kedua anak panda itu merupakan yang pertama lahir di kebun binatang di Jerman. Mereka diberi nama sapaan Pit dan Paule oleh pawang mereka.

Kelahiran keduanya sangat langka mengingat sulitnya mengembangbiakan panda.

Baca juga: Pria Curi 30 Ponsel Saat Pertunjukkan Grup Band Sum 41

Kebun binatang itu memperkirakan kunjungan akan meningkat ketika panda itu diperkenalkan pada publik mulai Kamis (30/1).

Pengelola kebun binatang itu untuk membuka lebih banyak loket tiket untuk mencegah antrean panjang.

Bersama orangtua mereka, Meng Meng dan Jiao Qing, bayi kembar itu merupakan satu-satunya panda yang ada di Jerman.

Dipinjamkan oleh pemerintah Tiongkok, pasangan pada itu tiba di Berlin pada Juni 2017 lalu.

Dikenal sebagai diplomasi panda, Tiongkok telah mengirimkan binatang khas mereka ke sejumlah negara sebagai simbol hubungan baik.

Kebun binatang Berlin membayar dana sebesar US$15 juta untuk meminjam Meng Meng dan Jiao Qing selama 15 tahun. Mayoritas dana itu digunakan untuk konservasi dan penelian mengenai panda di Tiongkok.

Meski kedua anak panda itu lahir di Berlin, keduanya tetap merupakan milik pemerintah Tiongkok dan harus dikembalikan dalam tempo empat tahun setelah keduanya disapih. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT