30 January 2020, 06:36 WIB

Polda Jatim Kirim Personel Bantu Evakuasi Korban Banjir Bondowoso


Antara | Nusantara

KEPOLISIAN Daerah Jawa Timur mengirimkan personel Direktorat Sabhara dan Satuan Brimob guna membantu mengungsikan korban banjir bandang di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Rabu (29/1).
 
"Dua tim SAR dari Kompi 3 B Bondowoso, Batalyon B Pelopor diterjunkan, sebagai upaya penangan pascabencana," kata Komandan Satuan Brimob Polda Jatim, Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika di Surabaya, Rabu malam (29/1).
 
Kedua tim yang diterjunkan akan bakti sosial pascabanjir bandang sekaligus membantu membersihkan lokasi. Ratusan rumah di Desa Sempol pada Rabu siang diterjang banjir bandang setelah hujan deras mengguyur wilayah Gunung Suket Jampit.  Akibat banjir bandang ini sekitar 200 rumah penduduk terendam lumpur setinggi sekitar 30 centimeter. Proses evakuasi dilakukan bersama TNI, BPBD Bondowoso dan warga sekitar. Setelah itu membersihkan jalan daqn rumah penduduk yang masih tergenang lumpur atau tanah.
 
"Hasil pemantauan terakhir situasi aman terkendali. Tidak ada korban jiwa, tapi tiga ada orang yang dilarikan ke Puskesmas dengan kondisi luka ringan karena jatuh terpeleset," kata Wijatmika.
 
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan Polda Jatim juga mengirimkan tim kesehatan lapangan dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan.

baca juga: Banjir Bandang Landa Kawasan Ijen Bondowoso

"Kami juga membangun posko tanggap bencana, dan membantu proses pendataan korban, serta membersihkan area yang terdampak banjir bandang," kata Wisnu. (OL-3)

BERITA TERKAIT