30 January 2020, 06:21 WIB

Meski Menang Atas City, MU Gagal ke Final Piala Liga


Gregorius Gelino | Sepak Bola

MANCHESTER City harus mengakui keunggulan Manchester United ketika kedua tim bertemu pada laga leg kedua semifinal Piala Liga Inggris. Tampil di Stadion Etihad, Kamis (30/1) dini hari WIB, The Sky Blues kalah tipis 1-0 dari The Red Devils.

Gol tunggal MU dicetak Nemanja Matic pada menit ke-35. Kendati begitu, City tetap melaju ke final karena unggul agregat 3-2 lantaran menang 3-1 pada laga leg pertama yang dihelat di Old Trafford.

City sejatinya dominan dengan 61% penguasaan bola dan menciptakan empat tembakan akurat dari 13 percobaan. Sedangkan MU mampu mencetak satu gol dari dua sepakan tepat sasaran.

City bahkan tampak lebih menjanjikan untuk menang. Tim besutan Pep Guardiola itu sudah mengancam ketika laga baru berjalan tujuh menit lewat Sergio Aguero, sayang tandukkan bomber Argentina itu masih diselamatkan oleh David De Gea.

Baca juga: Manchester United Umumkan Rekrut Bruno Fernandes

Aguero harus rela kembali melihat usahanya digagalkan De Gea pada menti ke-16. Meski sudah tinggal berhadapan satu lawan satu, Aguero kembali gagal membaw City unggul.

MU justru bisa membuka skor lebih dulu pada menit ke-35 lewat tembakan Nemanja Matic. Matic melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang gagal diamankan Claudio Bravo.

City sejatinya sempat membobol gawang MU pada menit ke-42. Tapi gol Raheem Sterling dianulir wasit karena penggawa timnas Inggris itu terlebih dulu terjebak offside.

Sterling kembali mengancam gawang MU pada menit ke-57. Meski telah melewati De Gea, tembakan Sterling malah melambung di atas gawang.

De Gea lagi-lagi menjadi dewa penyelamat United. Dia berhasil mengamankan usaha Kyle Walker pada menit ke-71 dan hanya menghasilkan sepak pojok yang bisa dihalau United.

Usaha United untuk mengejar ketinggalan semakin sulit setelah Matic menerima kartu kuning kedua pada menit ke-76. Matic melanggar Ilkay Guendogan yang memulai serangan balik bagi City.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh City untuk mencetak gol pada menit ke-83. Tapi kali ini usaha Aguero digagalkan wasit karena terperangkap offside.

Hingga laga usai, skor 1-0 untuk keunggulan MU tetap bertahan. Tapi, City yang berhak menghadapi Aston Villa pada final Piala Liga berkat keunggulan agregat 3-2. (OL-1)

BERITA TERKAIT