30 January 2020, 03:15 WIB

Insomnia? Pelajari Jurus-Jurus Jitu Melawannya


Bagus Pradana | Weekend

Sebagian besar dari kita akan menghabiskan lebih dari sepertiga dari seluruh hidup kita (36 persen, tepatnya) untuk tidur. Dan, fakta biologis menunjukan pada kita bahwa tidur adalah sesuatu yang sangat penting bagi tubuh kita.

Tidur mungkin tampak seperti aktivitas istirahat total. Namun, ketika seseorang tertidur beberapa proses biologis penting terjadi dalam tubuh, mulai dari proses pencernaam makanan hingga produksi enzim yang dibutuhkan untuk memproses racun dan perbaikan jaringan tubuh.

Dalam otak kita sendiri, tidur merupakan saat di mana ingatan kita terkonsolidasi.

Tanpa tidur cukup, fungsi biologis kita akan terganggu dan kesehatan kita dapat memburuk dengan cepat.

Jadi, jangan terlampau sering memforsir tubuh untuk begadang atau melewatkan waktu tidur, apalagi menganggap tidur sebagai beban. Karena jika waktu tidur terlewat, aktivitas biologis dalam tubuh yang biasanya dilakukan oleh tubuh ketika anda tertidur juga akan terlewat.

Oleh karena itu, kita wajib menjadikan aktivitas tidur sebagai prioritas utama dalam kehidupan kita, sama seperti olahraga.

Jika Anda mengalami masalah kesulitan tidur (insomnia) dan pola tidur Anda kacau, segeralah untuk memperbaikinya.

Dikutip dari situs DailyMail, beberapa langkah di bawah ini sangat direkomendasikan bila Anda ingin memperbaiki pola tidur.

1. Dapatkan cahaya pagi
Anda harus mendapatkan cahaya alami di pagi hari sebanyak mungkin (hindari cahaya ketika menjelang senja). Ini terbukti efektif untuk mengembalikan jam kerja tubuh Anda ke waktu awalnya, sehingga waktu tidur anda akan kembali ke waktu yang normal dan sebagai hasilnya, tidur anda lebih berkualitas. Idealnya, Anda membutuhkan 30 hingga 60 menit cahaya alami setelah matahari terbit.

2. Pikirkan dua kali tentang tidur siang
Jika Anda mengalami insomnia dan ingin mengembalikan pola tidur ke jam wajar, usahakan untuk tidak tidur siang. Namun, jika kesulitan untuk menahan kantuk Anda di siang hari karena waktu tidur malam anda tidak cukup, usahakan tidur siang Anda cukup 20 menit saja.

Hindari tidur siang dalam waktu enam jam sebelum tidur malam anda jika ingin keluar dari lingkaran setan insomnia.

3. Jangan berolahraga di malam hari
Olahraga membantu beberapa orang untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, terutama jika dilakukan di pagi hari.

Tetapi berolahraga di malam hari, apalagi di jam-jam yang mendekati waktu tidur, bagi beberapa orang akan membuatnya kesulitan untuk tertidur karena suhu badan akan meningkat dan kantuk yang menjadi alarm alami tubuh untuk beristirahat batal datang.

4. Hindari makan di malam hari
Proses pencernaan kita melambat menjelang tidur, jadi jika makan sebelum tidur dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti produksi asam lambung yang berlebihan dan risiko sistem pencernaan lainnya. Hal tersebut akan mengganggu waktu tidur Anda.

5. Berhati-hatilah dengan kafein
Kafein dalam teh dan kopi dapat membuat kita merasa lebih 'waspada' dengan memblokir reseptor otak kita. Efek Kafein ini biasanya memuncak 15 hingga 45 menit setelah dikonsumsi.

Bila kita mengonsumsi minuman yang mengandung Kafein di malam hari, maka resiko insomnia akan lebih tinggi. Dan pola tidir kita pun akan berantakan.

Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein bila ingin mendapatkan kembali pola tidur yang berkualitas.

6. Jangan stress ketika ingin tidur
Cobalah untuk tidak membuat diri Anda stres ketika ingin tidur. Pengalaman stress yang dibawa hingga menjelang tidur adalah pengganggu tidur.

Jika Anda merasa kewalahan mengelola stress, segera praktikkan teknik-teknik manajemen stres atau hubungi psikolog. (M-2)

BERITA TERKAIT