30 January 2020, 05:20 WIB

Cegah Banjir, Jasa Tirta 2 Perangi Eceng Gondok


(CS/LD/YP/DW/MR/BY/YH/SL/YK/RF/JH/OL/N-2) | Nusantara

KEHADIRAN eceng gondok tidak boleh diabaikan. Sama seperti sampah, dia juga menyebabkan aliran air tersumbat sehingga memicu banjir.

Karena itu, Perum Jasa Tirta 2 bekerja keras untuk menghilangkan eceng gondok dari Bendungan Jatiluhur dan Walahar. "Dari dua bendungan itu, setiap tahunnya kami harus membersihkan tidak kurang dari 50 ton eceng gondok," ujar Direktur Utama Jasa Tirta 2 U Saepudin Noer.

Kemarin, Saepudin memimpin langsung gerakan pember-sihan di Bendung Walahar yang berada di wilayah Kabupaten Karawang. "Setiap tahun, kami mengangkat 30 ton eceng gondok dari Jatiluhur dan 20 ton di Walahar."

Sampah dan eceng gondok menjadi duet penghambat saluran air di kedua bendungan. Kehadiran mereka juga bisa merusak pintu air bendungan.

Mencegah bencana juga harus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Purbalingga, Jawa Tengah, karena sejumlah wilayah itu rawan tanah longsor. Salah satu upayanya ialah menanam rumput vetiver atau akar wangi di Desa Jingkang, Karangjambu, wilayah paling rawan tanah longsor.

"Akar wangi mampu menembus tanah hingga kedalaman 1,5 meter hingga 5 meter sehingga sangat efektif mencegah tanah longsor," aku Kepala Pelaksana Harian BPBD Umar Faozi.

Hujan deras di sejumlah wilayah, kemarin, dilaporkan menimbulkan beragam bencana. Di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, banjir dan tanah longsor merengut nyawa 7 warga. "Dua orang tewas di Kecamatan Barus karena terseret banjir dan 5 lainnya karena tanah longsor di Kecamatan Andam Dewi. Semua korban sudah dievakuasi," Kepala BPBD Sumatra Utara Riadil Akhir Lubis.

Di Jawa Timur, hutan di Pegunungan Ijen yang rusak akibat kebakaran diduga sebagai penyebab banjir bandang yang melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Sekitar 200 keluarga harus mengungsi. Banjir juga terjadi di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatra Selatan; Aceh Selatan, Aceh; dan Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. (CS/LD/YP/DW/MR/BY/YH/SL/YK/RF/JH/OL/N-2)

BERITA TERKAIT