29 January 2020, 22:50 WIB

120 Pasar Rakyat Direvitalisasi Tahun Ini


MI | Ekonomi

KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) menetapkan rencana revitalisasi 120 pasar rakyat pada 2020 ini. Revitalisasi pasar dilakukan untuk mengubah citra pasar rakyat menjadi pasar yang nyaman dan sehat untuk bertransaksi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan revitalisasi pasar merupakan amanat yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo sejak 2015 silam. Pasar rakyat dinilainya sebagai simbol ekonomi lokal yang bisa meningkatkan perekonomian daerah.

“Target revitalisasi pasar untuk tahun ini sekitar 120-an pasar. Tugas tersebut (revitalisasi pasar) merupakan amanat. Pasar rakyat merupakan strategis simbol ekonomi lokal serta meningkatkan kontribusi ekonomi daerah,” ujar Agus dalam peresmian Pasar Banjarejo, Blora, Jawa Tengah, Rabu (29/1).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto, yang juga hadir di kesempatan yang sama, mengatakan sejak 2015 pemerintah pusat telah membangun, termasuk merevitalisasi, 5.287 pasar di seluruh daerah.

Tak cuma membangun, pihaknya juga ditugaskan Presiden untuk memberdayakan pasar rakyat. Pemberdayaan itu termasuk merevitalisasi manajemen, peningkatan profesionalitas, pengelolaan pasar, dan pemberdayaan pelaku pasar.

Selanjutnya dengan merevitalisasi ekonomi berupa peningkatan daya saing dan peningkatan omzet penjualan pasar rakyat.

“Kami mengharapkan pasar rakyat yang telah dibangun seperti di Pasar Banjarejo Blora ini dijaga dikelola dengan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Suhanto.

Menteri Perdagangan juga mengatakan pemerintah sudah menyiapkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna merevitalisasi wirausahawan, khususnya untuk sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Bentuk kreditnya berupa pinjaman sebesar Rp50 juta dengan bunga 6% tanpa agunan. Program itu sudah dimulai pada 2020 ini. (Hld/E-2)

BERITA TERKAIT