29 January 2020, 18:30 WIB

Orang Kelahiran Tahun 70an-80an Diimbau untuk Imunisasi Ulang


Fetry Wuryasti | Weekend

PARA ahli mengatakan vaksin yang telah diberikan pada seseorang pada 30-40 tahun lalu kemungkinan telah tidak efektif untuk melawan penyakit. Untuk itu mereka yang lahir pada tahun 70an hingga 80an memerlukan suntikan booster atau penguat.

Dokter Melvin Seng, seorang spesialis kedokteran kerja dari GlaxoSmithKline mengatakan beberapa imunisasi memerlukan tambahan dosis penguat. Sebagai contoh, suntikan yang Anda miliki untuk DPT umumnya membutuhkan penguat setiap 10 tahun.

Ternyata, tidak banyak orang mengambil suntikan booster DPT mereka dan kemanjuran memudarnya vaksin sudah terasa. Ini terbukti pada jumlah kasus pertusis atau batuk rejan dan kasus kematian yang dilaporkan di antara bayi muda telah meningkat sejak 1980.

"Ini sebagian disebabkan oleh berkurangnya kekebalan dari DPT di kalangan remaja dan orang dewasa, karenanya rekomendasi untuk booster," ujar dokter Raymond Fong, kepala Penyakit Infeksi di Rumah Sakit Umum Changi Singapura, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (29/1).

Untuk alasan ini, Dokter Fong merekomendasikan agar mereka yang berusia 19 hingga 64 tahun untuk memilih vaksinasi Tdap (pembaruan vaksin DPT) jika vaksinasi terakhir mereka setidaknya 10 tahun yang lalu.

Hal yang sama berlaku untuk orang dewasa yang berkontak dekat dengan bayi berusia kurang dari 12 bulan serta wanita usia subur sebelum kehamilan.

Imunisasi booster polio juga disarankan jika Anda berniat melakukan perjalanan ke daerah dengan transmisi aktif seperti Afghanistan, Pakistan dan, termasuk Filipina sejak Oktober 2019.

Adapun Hepatitis B, campak, gondok dan rubela, Anda dilindungi seumur hidup setelah Anda menyelesaikan beberapa imunisasi (tiga dosis untuk Hepatitis dan dua dosis untuk MMR) yang diperlukan untuk berbagai penyakit. (M-1)

BERITA TERKAIT