29 January 2020, 17:00 WIB

Menkominfo: Amazon-Microsoft Mau Bangun Data Center di Indonesia


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menuturkan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) selain berfungsi untuk menjaga kedaulatan data juga membuka peluang masuknya investasi, inovasi, dan bisnis.

Menkominfo mengungkapkan, banyak perusahaan global yang berminat membangun data center di Indonesia.

“Pada saat World Economic Forum di Davos beberapa minggu lalu, Amazon sudah menyatakan keinginannya membangun data center di Indonesia, Microsoft ingin membangun data center dan banyak lagi,” ungkap Johnny saat ditemui dalam acara Workshop Penulisan Opini Melawan Hoax di kantor Media Indonesia, Jakarta, Rabu (29/1).

Baca juga: Pemerintah Telah Serahkan RUU Perlindungan Data Pribadi ke DPR

Oleh sebab itu, Menkominfo menilai pemerintah perlu mendorong agar UU PDP segera disahkan sehingga terdapat payung hukum yang jelas bagi investasi data center di Indonesia.

“Kita perlu menyelesaikan UU PDP agar industri dan pembangunan data yang melibatkan miliaran dolar dana investasinya bisa dapat segera kita wujudkan. Itu juga akan menghasilkan/menciptakan lapangan pekerjaan baru,” tuturnya.

Berdasarkan keterangan Menkominfo, saat ini terdapat ribuan data center pemerintah di Tanah Air. Data center tersebut nantinya akan disatukan di lima lokasi yakni di Batam, Jakarta, Bekasi, Manado, dan ibu kota baru.(OL-5)

BERITA TERKAIT