29 January 2020, 16:34 WIB

Elang Tiram yang Terancam Punah Sukses Ngungsi ke Gambia


Melalusa Susthira K | Weekend

Seekor burung elang tiram (osprey) betina terlihat di Gambia setelah bermigrasi sejauh 4.000 mil dari Poole Harbour, Dorset, wilayah selatan Inggris. Kehadirannya memberikan harapan bahwa burung yang terancam punah tersebut pada akhirnya akan menciptakan kembali populasi setelah menghilang selama 200 tahun di wilayah Inggris.

Mengutip surat kabar lokal Dorset, Daily Echo, elang tiram secara historis berkembang biak di seluruh Inggris dan Eropa barat laut. Namun, populasinya menurun drastis pada Abad Pertengahan dan menjadi punah di wilayah Inggris pada pertengahan 1800-an sebagai burung yang berkembang biak dan hanya sesekali tampak melintas saat bermigrasi.

Ancaman kepunahan elang tiram itu disebabkan aktivitas berburu oleh manusia, dan hilangnya habitat mereka. Kehadiran burung pemangsa ikan yang sukses bermigrasi ke Gambia itu diperkenalkan sebagai bagian dari sebuah program konservasi.

Program konservasi yang dilakukan oleh kelompok The Birds of Poole Harbour itu telah dimulai pada 2017, dengan 8 anak burung elang tiram diambil dari sarang di Skotlandia utara yang memiliki populasi elang tiram yang berhasil bertahan. Selain di Skotlandia, populasi elang tiram juga berangsur pulih  dan ditemukan berkembang biak di Northumberland dan Rutland Water - namun tidak di selatan Inggris.

Sejak saat itu, 25 burung elang tiram lainnya juga telah dipindahkan sejauh 805 kilometer ke Poole Harbour di Dorset, sebagai upaya untuk membentuk populasi kembali di wilayah selatan Inggris itu. Adapun elang tiram betina ini telah menjadi yang pertama berhasil untuk bermigrasi ke Gambia dari selatan Inggris setelah sempat punah.

Penampakan elang tiram di negara wilayah Afrika Barat ini menggembirakan karena kebanyakan elang tiram tidak selamat dalam migrasi pertama mereka, dengan banyak di antaranya yang terjebak oleh cuaca buruk atau tenggelam ketika memangsa ikan hingga ancaman ditembak oleh pemburu.

Elang tiram betina yang tampak di Gambia itu diharapkan akan bermigrasi kembali ke Poole Harbour pada musim semi 2021 mendatang untuk berpasangan dan berkembang biak, dengan demikian membantu membangun populasi elang tiram yang berkelanjutan di selatan Inggris.

"Kami memulai program untuk memperkenalkan kembali mereka ke selatan Inggris pada 2017, dan semoga saja kita akan memiliki burung elang tiram sekali lagi berkembang biak di sini (selatan Inggris)," terang Paul Morton dari The Birds of Poole Harbour. (M-2)

BERITA TERKAIT