29 January 2020, 16:00 WIB

Jokowi Segera Teken Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja


Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja tengah disempurnakan. Surat presiden (surpres) akan segera diteken untuk kemudian diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk segera dibahas.

"Omnibus law tentang perpajakan sudah saya tanda tangani. Untuk yang cipta lapangan kerja masih menunggu penyempurnaan. Secepatnya begitu sampai di meja saya, saya tanda tangani," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, di Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1).

Baca juga: Omnibus Law Politik Butuh Persiapan Matang

Pemerintah merancang Omnibus Law untuk menyederhanakan berbagai regulasi yang tumpang tindih dan tidak efisien. Saat menghadiri penyampaian laporan tahunan Mahkamah Konstitusi (MK) 2019 di Ruang Sidang Pleno MK, pada Selasa (18/1) kemarin, Jokowi menyatakan Indonesia mengalami obesitas regulasi.

Banyaknya aturan menyebabkan pemerintah terjerat aturan yang dibuat sendiri. Oleh karena itu, pemerintah berupaya memangkas jumlah regulasi melalui Omnibus Law dengan menyederhanakan berbagai Undang-Undang (UU) dan peraturan lain.

"Dengan begitu, kita memiliki kecepatan dalam bertindak untuk merespons perubahan dunia yang begitu cepat," pungkasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT