29 January 2020, 15:31 WIB

Presiden Jokowi: Evakuasi WNI dari Wuhan, Tiongkok Disiapkan


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan pemerintah terus memantau kondisi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, Tiongkok.

Opsi evakuasi sudah disiapkan namun belum bisa dilakukan lantaran otoritas setempat mengisolasi Wuhan dan sejumlah kota lain yang paling terdampak virus korona. Sehingga, pemerintah belum bisa melakukan evakuasi.

"Yang berkaitan dengan evakuasi WNI kita yang ada di Wuhan dan 15 kota lain, tentu saja pemerintah memiliki opsi untuk evakuasi. Tetapi sekali lagi, kota-kota itu masih dikunci. Tetapi yang paling penting komunikasi antara KBRI dan mahasiswa dan masyarakat yang ada di sana selalu terjalin dengan baik," kata Jokowi di Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1).

Presiden memastikan pemerintah terus menjalin komunikasi intensif dengan WNI yang ada di kota-kota terdampak virus korona tersebut. Kantor Kedutaan Besar Indonesia di Tiongkok juga memastikan ketersediaan logistik untuk WNI di sana.

"Ini nanti mungkin dalam 4-5 hari baru urusan logistik yang akan dicarikan solusinya. Tetapi yang paling penting komunikasi antara KBRI dan mahasiswa dan masyarakat yang ada di sana selalu terjalin dengan baik," ucap Jokowi. (Dhk/OL-90)

BERITA TERKAIT