29 January 2020, 14:32 WIB

Wakil Ketua MPR : Evakuasi WNI di Wuhan Tak Bisa Ditunda Lagi


Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora

WAKIL Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (HNW), mengatakan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan dan Provinsi Hubei, Tiongkok tak bisa lagi ditunda-tunda. Pemerintah harus lebih serius melobi pemerintah Tiongkok agar diizinkan melakukan evakuasi pada WNI di sana.

"Amerika sudah mengevakuasi, Jepang sudah mengevakuasi, Jerman juga sedang diizinkan mengevakuasi. Jadi ini menurut saya hanya menandakan Indonesia tidak serius untuk melakukan tindakan maksimal melindungi seluruh warga bangsa Indonesia," ujar Hidayat, di gedung DPR, Jakarta, Rabu, (29/1).

Hidayat mengatakan, kalau Amerika yang sedang bersitegang dan perang dagang dengan Tiongkok saja diizinkan, seharusnya Indonesia juga dapat melobi agar WNI bisa dievakuasi.

Baca juga : Korban Tewas Virus Korona di Tiongkok Jadi 132 Orang

"Amerika Serikat disebutnya sebagai musuh dagangnya Cina, diizinkan kok, sudah 240 warga Amerika dievakuasi. Cina kan sahabatnya Indonesia, masa tidak diizinkan," ujar Hidayat.

Ia mengatakan yakin Tiongkok akan mengizinkan pemerintah Indonesia melakukan evakuasi WNI. Terutama mengingat banyaknya jumlah WNI di sana.

"Kalau serius, saya yakin akan diizinkan. Karenanya bola sekarang ada di pemerintah," ujar Hidayat. (Pro/OL-09)

BERITA TERKAIT