29 January 2020, 13:31 WIB

Mendag Gelar Operasi Pasar di Pasar Sido Makmur, Blora


Hilda Julaika | Ekonomi

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar operasi pasar di Pasar Sido Makmur, Blora, Jawa Tengah, untuk menekan harga bahan-bahan pokok sehingga terjangkau bagi masyarakat.

"Saya lihat di sini harga-harga untuk bahan pokoknya terjangkau. Mudah-mudahan dengan adanya operasi pasar ini bisa semakin membuat harga terjangkau bagi masyarakat," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di sela-sela operasi pasar tersebut, Rabu (29/1),.

Adapun produk-produk yang dijual saat operasi pasar ini merupakan bahan-bahan pokok di antaranya gula pasir dan minyak goreng. Dalam operasi pasar ini, harga gula pasir dijual Rp11.500/kg dan minyak goreng Rp10.500/liter. Pembeliam produk ini lebih hemat Rp2.000 dari harga eceran tertinggi (HET).

"Ya, dari yang kami lihat tadi beberapa komoditi yang dijual di operasi pasar ini adalah gula pasir dan minyak goreng. Untuk penghematannya sendiri, memang harganya agak di bawah HIT sekitar Rp2.000," imbuhnya kepada Media Indonesia.

Saat menggelar peninjauan dan operasi pasar ini, Agus pun mendengar permohonan para pedagang terkait program pembangunan pasar di Sido Makmur ini. Terutama berkaitan dengan pembangunan Blok D pasar yang belum selesai. Menurut Mendag, pembangunan pasar akan dilakukan dengan melakukan ekspansi sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Mendag mengatakan salah satu upaya pengembangan yang dilakukan adalah dengan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Blora. Terlebih para pedagang dan masyarakat memiliki antusiasme yang tinggi menjadikan pasar sebagai ruang transaksi ekonomi rakyat.

"Animo masyarakat ini sangat antusias sekali untuk mengembangkan pasar. Dan itu akan kita tingkatkan melalui Pemerintah Kabupaten dengan bekerja sama dengan Bupati Blora," tandasnya. (E-3)

BERITA TERKAIT