29 January 2020, 12:15 WIB

Kemenkes Tunggu Evakuasi untuk Tangani WNI di Wuhan


Ihfa Firdausya | Humaniora

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut penanganan warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan, tempat asal Novel Coronavirus, menjadi tanggung jawab otoritas kesehatan setempat.

Untuk itu, menurutnya, Kementerian Kesehatan bisa mengambil langkah-langkah penanganan kesehatan ketika para WNI itu sudah pulang ke tanah air.

"Kemenkes tunggu sampai (kembali) Indonesia, kalau di luar Indonesia bukan wilayah Menkes Indonesia, tapi Menkes Wuhan," ujar Menkes saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (29/1).

Baca juga: Menkominfo Minta Warganet tidak Sebar Hoaks Soal Virus Korona

Menkes mengatakan akan menyiapkan langkah-langkah dan fasilitas rumah sakit jika memang para WNI telah dievakuasi ke Indonesia.

"Kalau sudah sampai di sini kita akan memepersipakan semua langkah-langkahnya, di rumah sakit mana untuk mengisolasinya, semua sejumlah 243 orang itu," tuturnya.

Dia menyebut para WNI di Wuhan dalam keadaan baik.

"Sebanyak 243 itu dalam keadaan sehat sampai detik ini, padahal dia berada di tengah-tengah virus ini, artinya apa? Saya ulang lagi, yaitu imunitas tubuh! Kalau kita imunnya baik, kita jaga kesehatan, virus gak ada apa-apanya," jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri membuka opsi evakuasi warga negara Indonesia yang terjebak di Tiongkok akibat wabah virus 2019-nCoV atau virus korona.

"Karena Tiongkok menutup wilayah, opsi evakuasi perlu pembahasan dengan pihak Tiongkok dan tidak bisa langsung dilakukan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta, Selasa (28/1).

Kemenlu RI juga telah menghubungi otoritas negara lain yang tengah menyiapkan evakuasi.

"Kita juga bandingkan dengan negara lain yang memiliki warga negara di Wuhan. Kemarin saya bicara dengan Menlu Australia yang juga sedang menyiapkan," ucap Retno. (OL-1)

BERITA TERKAIT