29 January 2020, 07:30 WIB

PAN Ingin Cawagub yang Berkapasitas Seperti Sandiaga


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

DUA nama calon wakil gubernur (cawagub) sudah dikantongi pimpinan DPRD DKI Jakarta. Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Zita Anjani menyebut kriteria ideal cawagub yang baru adalah yang seperti mantan wagub sebelumnya, Sandiaga Uno.

Adapun dua nama cawagub yang sudah diusulkan PKS-Gerindra ialah Nurmansjah Lubis dan Riza Patria.

"Paling enggak (wagub yang baru) skalanya enggak kalah sama Pak Sandiaga Uno. Kalau Pak Sandiaga Uno 10, yang wagub barunya 9 lah. Harus paham mengenai DKI Jakarta," tutur Zita di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (28/1).

Menurut Zita, sosok wagub yang baru juga harus paham betul mengenai peraturan daerah (Perda) yang strategis itu apa saja.

Baca juga: Revitalisasi Monas Kejahatan Lingkungan

Lalu wagub yang baru dituntut paham mengenai potensi-potensi wisata yang ada di ibu kota dan pengembangannya seperti apa.

"Kalau (Fraksi PAN) belum bisa memilih siapa karena belum tahu kualifikasinya, belum tahu kapasitasnya dia (cawagub) sebagai individual seperti apa. Kita harus test dulu. Paham enggak soal perda-perda dan kompleksitas (permasalahan) di Jakarta," sebut Zita.

Pihaknya pun mendukung adanya fit and proper test secara terbuka untuk pemilihan cawagub tersebut. Hal itu bisa diputuskan oleh fraksi-fraksi partai yang nantinya dirumuskan dalam tata tertib (tatib) cawagub.

"Warga DKI perlu tahu siapa nanti yang menggantikan posisi Sandiaga Uno. Kalau Pak Sandiaga Uno kan sudah terbukti melalui kampanye terbuka dan sebagainya. Kami mau calon yang betul-betul berkualitas dan harusnya tidak takut dengan ide fit n proper test terbuka," pungkas Zita. (OL-1)

BERITA TERKAIT