28 January 2020, 20:52 WIB

PJSI Datangkan Dua Pelatih Asal Jepang


Akmal Fauzi | Olahraga

PENGURUS Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) mendatangkan dua pelatih utama asal Jepang untuk menggenjot prestasi atlet. Dua pelatih dari Kodokan Institute itu akan mengisi seminar dan pelatihan yang dimulai Rabu (29/1) hingga seminggu ke depan di Ciloto, Bogor, Jawa Barat.

Sekjen PB PJSI, Bachtiar Utomo mengatakan, kegiatan itu akan diikuti oleh pelatih di daerah dan klub. Seminar dan pelatihan itu diharapkan menjadi pengetahuan dasar dan ilmu kepelatihan judo dan dapat tersebar dengan merata di seluruh pengurus provinsi.

Baca juga: Judo Incar Tiga Medali Emas di SEA Games

"Kegiatan ini diharapkan bisa menularkan ilmu yang didapat selama mengikuti seminar dan pelatihan. Beberapa teknik akan diberikan oleh dua pelatih utama Jepang ini," kata Bachtiar di Jakarta, Selasa (28/1).

Bachtiar menambahkan, pelatih dari Kodokan Institute, Jepang dipilih lantaran menjadi tempat lahirnya beladiri Judo. Teknik yang diberikan, kata dia, diharapkan bisa tercipta suatu standar pembinaan yang baik dan merata.

"Program ini berkelanjutan dan akan bekesinambungan. Kami juga sudah mengirim beberapa atlet kita ke sana," tuturnya.

Salah satu pelatih Jepang, Hirofumi Otsuji mengaku beberapa kali melihat pertandingan atlet Judo Indonesia berlaga, salah satunya pada SEA Games Filipina 2019 lalu. Saat itu kontingen judo Indonesia berhasil menyumbangkan empat emas.

"Pada multiajang itu, Indonesia cukup bagus dan potensial. Namun dari teknik perlu dilatih lagi kalau ingin bersaing di Asia maupun dunia," kata Otsuji. (Mal/A-1)

BERITA TERKAIT