28 January 2020, 20:05 WIB

Filipina Setop Fasilitas Visa Kedatangan untuk Warga Tiongkok


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

FILIPINA menghentikan sementara kebijakan mengeluarkan visa pada saat kedatangan (visa on arrival) untuk warga negara Tiongkok, Selasa (28/1).

Kebijakan itu dalam upaya untuk menjaga negara pimpinan Rodrigo Duterte itu bebas dari virus korona baru (2019-nCOV) yang berawal dari Wuhan dan menginfeksi 4.500 orang di seluruh dunia. Filipina sejauh ini belum mengonfirmasi adanya kasus virus korona di negaranya.

"Kami mengambil langkah proaktif ini untuk memperlambat perjalanan, dan mungkin membantu mencegah masuknya 2019-nCOV," ujar Jaime Morente, komisaris biro dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : Jepang Konfirmasi Kasus Virus Korona keenam di Negaranya

Morente menegaskan, kebijakan itu bukan berarti melarang warga negara Tiongkok untuk memasuki Filipina. WN Tiongkok masih bisa mengajuk visa masuk ke Filipina lewat kedutaan besar Filipina atau konsulat jenderal Filipina di Tiongkok.

Fasilitas visa saat kedatangan di Filipina bagi WN Tiongkok telah berlangsung sejak 2017. Morente belum bisa memastikan jangka waktu pemberhentian kebijakan tersebut.

Turis-turis Tiongkok menyumbang 22 persen dari 7,5 juta pengunjung ke Filipina antara Januari dan November tahun lalu, menjadikan Negeri Tirai Bambu nomor dua teratas asal para pelancong internasional ke negara itu. (CNA/OL-7)

BERITA TERKAIT