28 January 2020, 19:03 WIB

Jepang Konfirmasi Kasus Virus Korona keenam di Negaranya


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

KEMENTERIAN Kesehatan jepang mengonfirmas kasus baru warganya yang terinfeksi virus korona baru (2019-nCOV). Kali ini, virus yang bermula di Wuhan, Tiongkok itu menginfeksi pria berusia 60an tahun dari Perfektur Nara, Jepang.

Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato menjelaskan, pria itu tidak punya catatan kunjungan ke Wuhan, namun, ia diketahui mengantar dua kelompok turis asal Wuhan menggunakan bus pada bulan ini. Pria itu kini dirawat di rumah sakit setempat dengan gejala mirip flu.

"Salah satu dari mereka tidak memiliki catatan mengunjungi Wuhan, dan mengantar turis dari Wuhan naik bus dua kali pada Januari," ujarnya kepada wartawan.

Baca juga : Sekjen PBB Puji Upaya Tiongkok Atasi Virus Korona

Seorang pejabat Kemenkes Jepang menegaskan, kasus di Nara menjadi kasus penularan virus korona dari manusia ke manusia yang pertama di Jepang. Lima kasus lainnya melibatkan warga Jepang yang sebelumnya berkunjung ke Wuhan.

Jepang telah memberlakukan skema pemeriksaan baru pada pelancong yang datang dari Tiongkok, dan berencana untuk mengirim pesawat ke Wuhan pada Selasa malam untuk mengevakuasi warga negara Jepang dari kota itu.

Pesawat diperkirakan akan membawa kembali sekitar 200 warga, dari sekitar 650 warga Jepang yang meminta dipulangkan, kata pihak berwenang. (CNA/OL-7)

BERITA TERKAIT