28 January 2020, 17:26 WIB

Utang Krakatau Steel Capai Rp40 T, Erick Bakal Resktrukturisasi


Faustinus Nua | Ekonomi

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan akan melakukan restrukturisasi utang PT Krakatau Steel (KS). Pasalnya, perusahaan baja plat merah tersebut mempunyai utang mencapai Rp40 triliun.

"Hari ini kita announce restructuring Krakatau Steel. Krakatau Steel sudah Rp 40 triliun restructuring debt bayangin ini terbesar dalam sejarah Indonesia," ungkapnya dalam acara kuliah umum di Grand Studio Metro TV, Jakarta (28/1).

Dijelaskannya, restrukturisasi KS merupakan upaya Kementerian BUMN untuk menyelamatkan perusahaan. Untuk itu, harus dilakukan dengan baik sehingga tidak menimbulkan masalah di masa mendatang.

"Ini kita lakukan untuk memperbaiki perusahaan, sehingga ke depan masalah kemudian tidak menjadi lebih parah. Harus dilakukan dengan niat baik," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga akan merampingkan anak usaha perseroan yang dinilai cukup banyak dan membebankan induk perusahaan. Anak usaha tersebut nantinya akan dimerger atau dilikuidasi.

Dia menambahkan, Kementerian BUMN juga akan memperbaiki operasional perusahaan sehingga bisa memperkuat ke core bisnisnya.

"Habis restrukturisasi nanti ada lagi isu yakni terkait operasional ada itu lagi, karena itu apapun yang dikerjakan mesti berkisinambungan," kata dia.(OL-4)

BERITA TERKAIT