28 January 2020, 17:03 WIB

Satu Lagi TKW Diisolasi di RSUD Sidoarjo Suspect Virus Korona


Heri Susetyo | Nusantara

TKW inisial M, 21 yang dicurigai terjangkit virus korona, kini suhu badannya sudah normal, yakni 36 derajat celcius. TKW tersebut baru pulang dari Hong Kong itu masih diisolasi untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Sidoarjo.

Pemeriksaan lanjutan TKW asal Sukadana Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini dilakukan di Ruang Isolasi Rawat Inap Mawar Merah Putih RSUD Sidoarjo. Pemeriksaan terhadap M melibatkan sejumlah tim dari tim paru, mikrobiologi, spesialis emergency, psikiatri dan keperawatan.

Kondisi M dikabarkan membaik. Suhu tubuhnya semula 38,8 derajat turun menjadi 36 derajat Celcius. Meskipun begitu M masih harus menjalani pemeriksaan lanjutan dan tetap diisolasi karena masa inkubasi virus korona adalah 14 hari.

Tim dokter akan mengambil sampel (swept) tenggorokan dan rontgen dada. Pemeriksaan sampel akan dilakukan pihak Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dan hasilnya baru diketahui 2 kali 24 jam kedepan.

"Kondisinya sudah membaik dan suhu tubuh normal. Hanya dia agak gelisah karena melihat tim yang menanganinya mengenakan pakaian seperti astronot," kata Dirut RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan SpP, Selasa (28/1).

baca juga: Angkutan Sungai dan Penyeberangan Kian Terpuruk

M akan menjalani perawatan intensif cukup lama karenariwayat perjalanan dia bekerja di Hong Kong. Apabila hasil pemeriksaan sampel tadi positif, maka akan dilakukan penanganan khusus. Namun apabila hasil pemeriksaannya negatif, M akan dikeluarkan dari ruang isolasi dan dilakukan penanganan seperti pasien lainnya. M diketahui mengalami panas tubuh hingga 38,8 derajat celcius pada hari Senin (27/1), setibanya di Bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo. Sebelumnya ia terbang dari Hong Kong dan transit di Singapura. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT