28 January 2020, 16:56 WIB

Erick Sebut DP 0% Untuk Rumah Milenial Tidak Mendidik


Faustinus Nua | Ekonomi

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan bahwa pihaknya meminta Bank Tabungan Negara (BTN) untuk membangun 1 juta rumah murah bagi generasi milenial. 

Akan tetapi rumah tersebut tetap dikenakan down payment (DP) dan bunga meski dalam jumlah kecil.

"Saya tidak setuju dengan DP 0% atau zero percent down payment. Karena ini tidak mendidik generasi muda kita untuk menabung," kata dia dalam acara kuliah umum di Grand Studio Metro TV, Jakarta (28/1).

Menurutnya, meski generasi milenial mengalami kesulitan untuk memenuhi kredit pemilikan rumah (KPR), pihaknya tetap mengenakan DP dan bunga. Pasalnya, hal itu untuk mendidik gwnerasi muda untuk mulai menabung.

"Kalau anak muda dibiasakan untuk dididik menabung sedari awal dengan bunga KPR 5 persen atau berapa persen, maka generasi muda itu akan punya rasa tanggung jawab," ungkapnya.

Baca juga: Erick Sebut Holding Rumah Sakit Bakal Rampung di Juni 2020

Di samping, lanjutnya DP 0% juga bisa disalahginakan oleh pengusaha besar. Menurutnya, hal itu bisa dimanfaatkan oknum tertentu sehingga tidak tepat sasaran.

Kementerian BUMN pun mengupayakan pendanaan dari bank luar dengan bunga rendah, sehingga pihaknya meminta BTN menjalin kerja sama dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC). Dengan pendanaan JBIC tersebut, perumahan murah bagi milenial tanpa harus memberi DP 0% bisa dilakukan.

"Dengan adanya pakta dengan JBIG melalui bunga KPR yang efisien maka di situ akan bisa membantu satu juta rumah bagi generasi Millenial. Namun akses jangka waktu cicilan KPR untuk 20-30 tahun serta tentunya cicilannya tidak memberatkan," pungkasnya. (A-2)

BERITA TERKAIT