28 January 2020, 16:47 WIB

Erick Sebut Holding Rumah Sakit Bakal Rampung di Juni 2020


Faustinus Nua | Ekonomi

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pembentuk holding rumah sakit akan segera terealisasi. Hal itu untuk melanjutkan program holdingisasi perusahaan-perusahaan BUMN.

"Dengan bentuk holding rumah sakit ini, insy Allah Juni ini jadi holdingnya," ungkapnya dalam acara kuliah umum di Grand Studio Metro TV, Jakarta (28/1).

Pembentukan holding rumah sakit, lanjutnya merupakan uapaya pemerintah untuk memperkuat sektor rumah sakit beserta sumber daya manusia (SDM). Pasalanya, kementerian BUMN berencana menjalin kerja sama dengan rumah sakit luar negeri yang kekurangan tenaga kesehatan seperti Jepang yang membutuhkan 350 ribu perawat.

"Nanti di-traning dari awal bahasa Jepangnya, kultur Jepangnya supaya tadi ketika berpartner, akses dari pada 350 ribu itu bisa juga buat kita, jangan hanya buat Filipina lagi," kata Erick.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Mafia di BUMN Hanya Oknum yang Dimanfaatkan

Dia menambahkan bahwa holding tersebut juga akan menggabung beberapa rumah sakit yang saat ini menjadi anak perusahaan BUMN. Hal itu, untuk memperkuat core bisnis perusahaan BUMN agar tetap fokus dan expert pada bisnisnya.

"Kepemilikan mereka (perusahaan BUMN) pada rumah sakit itu tetap ada, tapi BUMN harus kembali ke core bisnisnya," kata dia. (A-2)

BERITA TERKAIT