28 January 2020, 15:45 WIB

Menkes: 243 Mahasiswa di Wuhan Dalam Kondisi Baik


Zaenal Arifin | Humaniora

MENTERI Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan mahasiswa Indonesia yang berada di Provinsi Wuhan, Tiongkok, hingga saat ini kondisinya baik-baik saja.

"243 teman-teman kita, sahabat-sahabat kita yang masih terkurung di Provinsi Wuhan, sampai saat ini pun kondisinya sehat padahal dia ada di sentral penularan pertama, pusat wabah," kata Terawan usai menghadiri Rapat Koordinasi di Gedung Kemenko PMK, Selasa (28/1).

Baca juga: Kuliah Umum Bersama Menteri Jadi Tradisi Media Indonesia

Menkes Terawan mengungkapkan, pemerintah dan masyarakat Indonesia harus terus memberikan dukungan, baik materiel maupun moril kepada mereka yang saat ini berada di wilayah Wuhan yang terisolasi.

"Kita sekarang menjaga mereka dengan memberikan logistik yang cukup, dengan diberikan dukungan bahwa mereka tidak sendirian, bahwa kita tetap membantu, memantau mereka, berkomunikasi untuk tidak membuat stress, tidak merasa sendirian, itu sangat penting," ungkapnya.

Hal ini dilakukan agar mereka yang saat ini berada di pusat ditemukannya wabah virus tersebut, kondisi tubuhnya tidak menurun akibat stres, sehingga kekebalan tubuh mereka tetap terjaga dan tidak mudah terinveksi virus yang belum ditemukan obat atau vaksinnya itu.

"Itu sangat penting dilakukan, sehingga imunitas tubuhnya akan kuat menghadapi lingkungan di sekitarnya yang ada wabahnya," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT