28 January 2020, 12:17 WIB

Menkes: Lawan Virus Hanya Imunitas


Ihfa Firdausya | Humaniora

MENTERI Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengingatkan pentingnya menjaga daya tahan tubuh untuk menangkal berbagai virus. Menurutnya, pusat ketahanan tubuh ada di pencernaan manusia.

Asupan gizi yang seimbang akan menjaga pencernaan dengan baik, sehingga daya tahan tubuh terjaga. Hal itu diungkapkan Terawan saat menyampaikan pidato dalam peringatan Hari Gizi Nasional di Lapangan Kementerian Kesehatan.

"Virus lawannya hanya imunitas. Kalau imunitas tubuh kita baik ndak usah takut sama virus," ujar Terawan, Selasa (28/1).

"Kalau kita pencernaannya baik karena gizinya seimbang dan cukup, maka imunitas kita tinggi. Saya kira tidak (perlu) takut sama virus," imbuhnya.

Baca juga: Mengenal dan Mencegah Terjangkit Virus Korona

Selain dengan asupan gizi yang seimbang, daya tahan tubuh bisa dijaga dengan rutin berolahraga.

"Selain gerakan mengonsumsi gizi yang seimbang, ingat pula gerakan masyarakat hidup sehat. Tetap lakukan olahraga. Olahraga gak usah yang berat-berat. Yang ringan-ringan yang penting bergerak," jelasnya.

Dia pun mengingatkan bahwa olahraga bukan hanya aktivitas fisik, namun juga olahraga pikiran dan hati.

"Dengan kita berdoa bersembahyang, kita terus mengaji dan membaca hal-hal yang baik. Itu sama dengan menyehatkan otak dan batin kita," pungkas Terawan.

"Jadi, biar saja berkembang isu apa saja. Tetapi yang paling penting kita jaga imunitas tubuh dengan hidup sehat," tutup dia.(OL-11)

BERITA TERKAIT