28 January 2020, 11:45 WIB

TNI-Polri Tegaskan Komitmen Amankan Pilkada Serentak


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

TNI dan Polri berkomitmen menjaga jalannya Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada tahun ini.

Komitmen tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono saat membuka rapat pimpinan bersama di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (28/1), dengan tema Sinergisitas TNI-Polri dalam Mengamankan Pilkada Serentak 2020 serta Mengawal Pembangunan Nasional dalam Rangka Menuju Indonesia Maju.

"Tema ini diangkat sebagai bentuk antisipasi terhadap ancaman nyata yang sulit diprediksi, yang berpengaruh kepada stabilitas nasional," ucap Hadi.

Baca juga: Alutsista Wajib dari Lokal

Bersama Polri, ia menegaskan, pihaknya akan terus mewaspadai berbagai bentuk ancaman seperti politik identitas dan disrupsi sosial saat menjelang hingga pagelaran pesta demokrasi tahun ini usai.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jendral Idham Azis menekankan sinergi TNI dan Polri memang harus terus diperkuat, tidak hanya pada level tertinggi, tetapi juga pada jajaran bawah.

Menurutnya, kedua instansi tidak beda seperti secangkir kopi. Terdapat unsur-unsur yang berbeda, yakni air dan kopi, tetapi tetap menyatu dalam satu wadah.

"Sinergitas TNI-Polri menjadi harga mati. Hal itu sangat penting untuk menghadapi berbagai tugas di masa yang akan datang. Saya tekankan, sinergitas TNI-Polri harus mengkristal dalam pikiran, perasaan dan perbuatan," tegasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT