28 January 2020, 07:06 WIB

Saka Bawa Arsenal Kalahkan Bournemouth


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

ARSENAL mampu tampil gemilang di babak keempat Piala FA usai mengalahkan Bournemouth 2-1 di Vitality Stadium, Selasa (28/1) dini hari WIB.

Adalah penyerang muda The Gunners, Bukayo Saka, yang menjadi kunci kemenangan Arsenal atas Bournemouth.

Sang pelatih Arsenal Mikel Arteta memang memercayakan laga ini kepada skuad muda. Hasilnya, Bournemouth dibuat kesulitan sejak awal laga.

Saka membawa Arsenal unggul pada menit kelima setelah memanfaatkan umpan dari Gabriel Martinelli melalui pergerakan Joe Willock yang menawan dari lini tengah.

Baca juga: Chelsea Berpeluang Hadapi Liverpool di Piala FA

Aksi kolaborasi Willock dan Martinelli membuat Saka bisa melepaskan tendangan dengan kaki kiri ke arah pojok kiri atas gawang.

Tidak puas hanya satu gol, Tim Meriam London menambah keunggulan via kerja sama apik para pemain muda.

Saka yang lepas dari kawalan langsung memberi umpan terukur kepada Eddie Nketiah.

Pemain asal Inggris itu melepaskan tendangan first-time dengan kaki kirinya pada menit ke-26.

Di babak kedua, bek Arsenal, Shkodran Mustafi harus ditarik keluar lantaran mengalami benturan dengan pemain Bournemouth Dominic Solanke dan kiper Arsenal Emiliano Martinez.

Benturan tersebut menyebabkan bek asal Jerman itu terjatuh. Musrafi pun digantikan Rob Holding demi mempertahankan keunggulan.

Bournemouth terus-menerus menekan tim yang memegang rekor juara terbanyak Piala FA dengan 13 gelar tersebut.

Walhasil, skuad asuhan Eddie Howe mampu memperkecil skor lewat tendangan kaki kanan Sam Surridge dari dalam kotak penalti setelah situasi bola mati di perpanjangan waktu. Hasil pengecekan VAR pun mengonfirmasi gol yang dicetak Surridge.

Namun, gol semata wayang Surridge belum mampu membawa Bournemouth menang di rumah sendiri.

Bournemouth gagal memanfaatkan Arsenal yang tanpa diperkuat penyerang andalan Pierre Patrick Aubameyang dan bek David Luiz yang juga menjalani skorsing laga.

Sementara, Sead Kolasinac dan Reiss Nelson absen karena keduanya mengalami cedera.

Keberhasilan Arsenal memang tidak lepas dari bersinarnya penampilan Saka. Ia pun sanggup memecahkan rekor klubnya sendiri.

Tercatat dari statistik Opta Joe, Saka menjadi pemain satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol dan asisst dalam tiga laga berbeda di musim ini.

"Sangat tersanjung. Selalu sulit untuk datang ke sini dan menang, dan kami telah melakukannya dengan tim muda juga. Saya sangat percaya pada mereka," ujar Arteta.

"Saya pikir mereka berkembang dengan sangat baik. Mereka mau dan lapar dan demi menjadi lebih baik," tambahnya.

Arteta mengaku sejarah Piala FA sangat beririsan besar bagi klub. Dirinya ingin skuadnya melangkah demi menambah koleksi juara menjadi 14 kali.

Selanjutnya, Arsenal yang lolos ke babak kelima Piala FA akan ditantang oleh klub Divisi II Liga Inggris, Portsmouth. (skysports/OL-1)

BERITA TERKAIT