27 January 2020, 20:36 WIB

Persatuan Jadi Tema Utama Perayaan Imlek Nasional 2020


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

PERAYAAN tahun baru Imlek akan kembali dilangsungkan secara nasional. Tema yang diambil tahun ini bertajuk Bersatu untuk Indonesia Maju dan akan diadakan di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (30/1) nanti.

Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020, G Sulistyanto mengatakan, tema persatuan dipilih untuk menghilangkan sekat kelembagaan, organisasi, dan kelompok dalam perayaan yang rencananya juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo tersebut.

Kami menginginkan perayaan nanti, seperti telah dirintis melalui kegiatan serupa tahun lalu, lepas dari sekat kelembagaan, organisasi dan kelompok. Menunjukkan perbedaan adalah keniscayaan, dan tidak perlu menjadikannya sebagai sumber pertentangan. Yang dapat dan mesti kita lakukan adalah bersatu untuk tujuan yang lebih mulia, kesejahteraan, kebahagiaan dan kemajuan diri serta bangsa,” ujar Sulistiyanto di Jakarta, Senin (27/1).

Simbol dari persatuan itu, lanjut Sulistiyanto, juga akan ditunjukkan dengan kehadiran dari 29 orang raja dari berbagai kerajaan di penjuru Nusantara yang menjadikan Imlek sebagai kegiatan budaya yang bisa dinikmati semua orang, bukan hanya etnis Tionghoa saja.

Baca juga : Merayakan Thauw Gee di Temanggung Untuk Dewa Bumi

“Untuk Indonesia yang semakin maju, sebagaimana tema perayaan kali ini, seluruh warga negara, termasuk suku Indonesia Tionghoa mesti mengambil peran aktif. Hal semacam ini cukup sering kita dengar dan ucapkan, tinggal kita laksanakan bersama dengan lebih serius dan ikhlas,” ungkap Sulistiyanto.

Perayaan Imlek Nasional 2020 juga akan dihadiri oleh keluarga pahlawan kemerdekaan Indonesia dan pahlawan olahraga yang mampu mengharumkan nama bangsa di ajang internasional.

“Mereka hanya berpikir dan berupaya bagaimana Indonesia semakin maju dan gemilang, tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada," ujarnya.

Di sisi lain, perayaan Imlek Nasional 2020 juga akan dibarengi dengan kegiatan sosial dengan mengundang penyandang disabilitas juga pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang akan menyediakan panganan kkas Imlek. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT