27 January 2020, 20:00 WIB

Harus Berpergian Saat Wabah Corona? Berikut Perlengkapan Wajibnya


Bagus Pradana | Weekend

PENYEBARAN wabah virus corona memang mengkhawatirkan. Meski ditengah kewaspadaan tinggi ada kalanya kita tidak bisa menghindari untuk berpergian.

Menyadari adanya kebutuhan itu Departemen dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pun mengeluarkan panduan atau pedoman kesehatan bagi para pelancong. Dilansir Daily Mail, berikut adalah beberapa anjuran yang meliputi perlengkapan dan kebiasaan baik itu:

1. Jarak minimal 2,7 meter
   Sama seperti virus flu, corona diketahui juga menular lewat cairan saliva. Sebab itu, menjauh dari orang yang sakit adalah cara terbaik untuk tertular. Jika anda melihat orang dalam kondisi yang tampak kurang sehat, CDC menyarankan jarak minimal adalah 3 kaki atau 0,9 meter. Namun jika orang tersebut kerap batuk maka jarak aman minimal adalah 2,7 meter.

2. Wajib cuci tangan
Saat WHO berpendapat jika belum saatnya menyebut wabah corona sebagai darurat internasional dan hanya menyarankan pencegahan dengan mencuci tangan, banyak orang menanggapinya dengan kemarahan di medsos. Namun pernyataan ini memang dibenarkan oleh sekelompok ahli. Mereka mengemukakan jika mencuci tangan adalah memang cara terbaik untuk menghindari diri dari penularan penyakit.

Lalu seberapa sering kita harus mencuci tangan? Soal ini para ahli menyatakan tidak ada aturan baku. Semakin sering anda berinteraksi dengan orang lain maka semakin sering pula anda harus mencuci tangan. Perlu diingat pula, mencuci tangan dengan sabun tetap yang efektif ketimbang hanya membersihkan tangan dengan hand sanitizer.


3. Masker respirator berkualitas tinggi
CDC juga mengemukakan jika penggunaan masker merupakan hal penting meski tidak menjamin anda tidak tertular penyakit. Pasalnya, saat pemakaian lama, masker cenderung berkurang kualitas perlindungannya. Sebab itu pula lebih baik menggunakan masker respirator yang berkualitas baik termasuk pada elemen karetnya agar lebih tahan lama.

4. Bawa sarung bantal
Dengan melapisi sandaran kepala di kereta maupun pesawat anda akan dapat semakin menekan penularan virus. Sebab itu CDC menyarankan untuk selalu membawa sarung bantal atau kain serba guna. Selain itu mereka mengingatkan untuk membersihkan bagian-bagian di tempat duduk anda yang akan sering anda sentuh, seperti pegangan tangan dan meja makan.

5. Pakai sarung tangan
Terakhir, saat berpergian anda disarankan untuk menggunakan sarung tangan, terlebih ketika anda tidak bisa sering mencuci tangan. (M-1)

BERITA TERKAIT