27 January 2020, 13:48 WIB

Kejutan Donnie Yen dalam Enter the Fat Dragon


Bagus Pradana | Weekend

Setelah sukses memerankan legenda beladiri Wing Chun, aktor laga kenamaan asal Hong Kong, Donnie Yen, kembali memberikan kejutan dengan berperan sebagai sosok polisi berbadan gempal bernama Zhu Fallon dalam film 'Enter the Fat Dragon' (2020).

Film laga berjudul asli Fei Lung Gwoh Gong ini merupakan remake dari film dengan judul sama yang diproduksi pada 1978.

Film yang rilis pada awal Imlek ini akan membuat para pecinta film Indonesia tercengang dengan suguhan atraksi kung fu dari Donnie Yen yang sinematografinya digarap mendekati mendekati asli laiknya seorang penari.

Dalam 'Enter the Fat Dragon' lawas, aktor kawakan Sammo Hung lah yang dipercaya menjadi pemeran utamanya. Namun, dalam film remake-nya, sutradara Kenji Tanigaki lebih memilih Donnie Yen untuk memerankan karakter polisi tambun Zhu Fallon.

Awalnya, Fallon dikisahkan sebagai seorang polisi yang memiliki obsesi terhadap pekerjaannya, ia habiskan hidupnya untuk menekuni karier sebagai seorang pengayom masyarakat. Namun, ia sering berimprovisasi dalam penugasan, dan improvisasinya justru seringkali mengacaukan setiap penugasan yang diberikan padanya.

Suatu hari Fallon mendapatkan tugas untuk menangani kasus perampokan di bank, padahal di saat yang bersamaan ia telah berjanji untuk menemani kekasihnya, Chloe (Niki Chow Lai-kei) melakukan pemotretan pranikah.

Misi penugasan berhasil ia selesaikan dan para perampok juga berhasil ia bekuk, namun aksi Fallon tersebut membuat kacau seisi kota. Ia pun harus menerima akibat dari perbuatannya, pangkatnya diturunkan dari seorang polisi resort kriminal menjadi polisi penjaga ruang barang bukti. Di saat bersamaan, karena merasa dinomorduakan, kekasihnya pun meninggalkannya.

Selama enam bulan penugasan sebagai polisi penjaga ruang barang bukti, berat badan Fallon pun meningkat drastis karena ia jarang bergerak. Ia menjadi polisi tambun dengan berat badan 115 kilogram.  

Setelah melewati enam bulan masa mutasi, akhirnya Fallon mendapatkan tugas lapangan kembali, kali ini ia diperintahkan untuk mengawal pemulangan seorang tahanan ke Jepang.

Sesampainya di Jepang ia bertemu dengan sahabat lamanya Thor (Wong Jing) yang sedang berbisnis membuka retoran. Di Jepang, Fallon juga tidak sengaja bertemu dengan kekasihnya. Tugas pemulangan tahanan tersebut bahkan menuntunnya menuju kasus yang lebih pelik lagi, hingga ia harus terlibat dalam kerusuhan sengit dengan para yakuza di Jepang.

Berbagai adegan pertarungan sengit pun tersaji dalam film ini, Donnie Yen yang disulap memiliki bentuk badan gempal dalam film ini pun cukup lincah memainkan jurus-jurus kung fu ala Bruce Lee. Tiap scene pertarungan dalam 'Enter the Fat Dragon' ini pun digarap dengan sinematografi yang sangat apik dan detail.

Film ini mungkin bisa disebut sebagai pelepas kerinduan dari Donnie Yen yang selama beberapa tahun belakangan ini mendalami karakter serius Ip Man.  

Ditemui dalam acara Gala Premier di Plaza Senayan (22/1) kemarin, aktor laga Tanah Air Yayan Ruhian, menyebutkan bahwa meskipun film ini masuk kategori film laga, namun tidak terjadi  dramatisasi laga yang berlebihan dalam film ini. Yayan pun terlihat kagum dengan balutan unsur komedi yang ternyata juga bisa dimainkan oleh Donnie Yen.

"Ini adalah film Donnie Yen pertama yang di luar dugaa, dan kita tahu kalau Donnie Yen itu adalah favorit buat film Fighting. Siapapun yang nonton ini pasti dia akan dapat sesuatu yang di luar dugaan, di luar kebiasaan Donnie Yen. Ada sesuatu yang belum pernah gue dapatkan di film Donnie Yen sebelumnya, salah satunya komedi, kok Donnie Yen ada komedinya," terang Yayan.

'Enter the Fat Dragon' yang kini tengah tayang di jaringan bioskop nasional tampaknya dapat menjadi pilihan film yang menyenangkan untuk ditonton bersama keluarga dalam rangka merayakan tahun baru Imlek 2020 ini (M-2).

BACA JUGA: Saiyo Sakato, Drama Cita Rasa Minang ala Gina S Noer

BERITA TERKAIT