27 January 2020, 12:15 WIB

PKS Dukung Fit and Proper Test Cawagub DKI


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

PARTAI Keadilan Sejahtera mendukung adanya fit and proper test pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Dukungan ada test tersebut juga diusulkan oleh Partai Solidaritas Indonesia, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN.

"Bahkan jika perlu melibatkan masyarakat, seperti uji publik, agar para Anggota DPRD DKI Jakarta bisa menggali lebih dalam kapasitas Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno," ujar Juru Bicara PKS, Ahmad Fathul Bari dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (27/1).

Fit and proper test, menurut Bari, selain menjadi sarana perkenalan dan mengetahui kapasitas Cawagub bagi para anggota DPRD, hal itu dilakukan untuk memenuhi hak masyarakat DKI Jakarta agar mereka bisa mengetahui siapa orang yang kelak akan menjadi Wakil Gubernur mereka.

"Proses uji publik bahkan bukan sekadar pemanis, tapi sudah seharusnya dan sewajarnya memang perlu dilakukan, karena proses pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur DKI Jakarta sebelumnya dilakukan melalui Pilgub yang melibatkan publik dalam menilai dan menggunakan suaranya secara langsung one man one vote," terang Bari.

Adapun dua cawagub itu ialah Politikus PKS Nurmansjah Lubis dan Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria. Lebih lanjut, Bari mengatakan bahkan kalau perlu uji publik tersebut disiarkan secara live di TV nasional. Hal itu, katanya, bisa menjadi sarana dan bentuk pertanggungjawaban anggota DPRD terhadap masyarakat yang melihat langsung kapasitas Cawagub-nya.

"Masyarakat pun bisa menilai apakah para Anggota DPRD DKI Jakarta memilih Cawagub yang lebih tepat sesuai pilihan mereka arau tidak. Itu juga jadi bentuk pengawasan publik terhadap kecendrungan pilihan dari para Anggota DPRD DKI Jakarta yang sudah mereka berikan amanah," tandas Bari. (OL-4)

BERITA TERKAIT