27 January 2020, 07:41 WIB

Napoli Sukses Tekuk Juventus di San Paolo


Patrick Pinaria | Sepak Bola

NAPOLI sukses membuat Juventus bertekuk lutut pada giornata ke-21 Serie A 2019--2020, Senin (27/1) dini hari WIB. Pada laga itu, I Partenopei sukses menang dengan skor tipis 2-1.

Bermain di hadapan publik sendiri, Stadion San Paolo, Napoli tampil cukup percaya diri. Mereka mampu mengimbangi permainan Juventus sepanjang pertandingan.

Bahkan, Napoli jauh lebih tajam ketimbang Juventus di depan gawang. Tercatat, mereka menciptakan 15 peluang sepanjang pertandingan. Adapun Juventus hanya menciptakan delapan peluang.

Meski demikian, Napoli kesulitan menembus pertahanan Juventus pada babak pertama. Mereka bahkan tidak mampu mencetak gol. Begitu pula dengan Juventus. Hingga akhirnya, kedua tim harus puas bermain imbang tanpa gol hingga turun minum.

Baca juga: Inter Ditahan Cagliari, Debut Ashley Young Hambar

Situasi pertandingan tidak jauh berubah ketika memasuki babak kedua. Kedua tim masih menunjukkan permainan terbuka. Namun, baik Napoli dan Juventus kesulitan mencetak gol pada awal babak kedua.

Kesempatan mencetak gol akhirnya berhasil dimanfaatkan baik oleh Napoli. Tepat pada menit ke-63, tim besutan Gennaro Gattuso itu mencetak gol lewat Piotr Zielinski. Gelandang asal Polandia tersebut sukses memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti.

Juventus berupaya bangkit. Tekanan demi tekanan melalui Cristiano Ronaldo dilancarkan, tetapi belum berbuah maksimal.

Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Juventus justru makin merana pada menit ke-86. Gawang mereka yang dikawal Wojciech Szczesny itu mampu dibobol Lorenzo Insigne.

Jose Callejon menjadi kreator dari gol tersebut. Ia mengirimkan umpan yang berhasil diselesaikan Insigne dengan tembakan voli.

Mental Juventus tidak langsung menciut. Mereka malah makin agresif membangun serangan. Upaya mereka pun berbuah manis pada menit ke-90. Cristiano Ronaldo berhasil memperkecil ketinggalan Juventus berkat memaksimalkan umpan Rodrigo Bentancur.

Juventus makin bernafsu menekan Napoli usai mencetak gol itu. Namun, hal itu tidak membuat para pemain Napoli panik. Mereka sudah terlalu percaya diri sehingga mudah meredam serangan-serangan Juventus.

Publik San Paolo yang hampir dipenuhi fan Napoli akhirnya bersorak setelah wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Maklum, mereka kegirangan lantaran melihat tim kesayangannya berhasil mempertahankan keunggulan dan memastikan kemenangan dengan skor 2-1 di akhir laga.

Hasil ini pun membuat Napoli naik ke posisi kesepuluh klasemen sementara dengan mengoleksi 27 poin. Mereka kini hanya terpaut empat poin dari Cagliari yang berada di posisi keenam.

Sementara itu, kekalahan dari Napoli tetap membuat Juventus bertahan di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 51 poin. Namun, mereka gagal memperlebar jarak dari rival terdekat, Inter Milan yang berada di posisi kedua. Saat ini, keduanya berselisih tiga poin. (OL-1)

BERITA TERKAIT